Pengertian Simulasi Digital dan Ruang Lingkupnya

Pengertian simulasi digital adalah proses belajar dengan memakai teknologi informasi dan komunikasi (TIK) melalui sebuah pengembangan bahan ajar berbasis website. Simulasi digital merupakan satu dari sekian banyak jenis simulasi yang merupakan salah satu cara untuk membeirkan gambaran, ciri, tampilan, ataupun karakteristik dari sebuah sistem yang nyata.

Gagasan awal dari simulasi adalah untuk menirukan sebuah situasi di dunia nyata secara sistematis, kemudian mempelajari sifat dan karakter operasionalnya dan nantinya diperoleh kesimpulan serta keputusan berdasarkan hasil simulasi.

RUANG LINGKUP MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL

Berdasarkan tujuan simulasi digital, mata pelajaran yang membahas tentang simulasi digital mempunyai ruang lingkup yang berhubungan dengan komunikasi dalam sebuah jaringan (komunikasi daring), kelas maya, dan juga presentasi video. Dibawah ini pembahasan lengkap mengenai ruang lingkup dalam simulasi digital.

KOMUNIKASI DALAM JARINGAN (KOMUNIKASI DARING)

Melalui komunikasi daring ini diharapkan individu dapat memanfaatkan sebuah jaringan internet dengan sebaik-baiknya untuk mencari dan mendapatkan sebuah informasi pendukung yang dapat dipakai dalam menghasilkan gagasan dan konsep sekaligus untuk mengomunikasikan gagasan dan konsepnya tersebut.

Dalam komunikasi daring, terdapat komunikasi dua arah yang dilakukan baik dalam satu waktu bersamaan atau waktu yang berbeda. Komunikasi daring bisa anda lakukan dengan cara mengirim teks, gambar, ataupun video call sehingga anda dengan lawan bicara bisa melakukan percakapan secara langsung melalui sebuah perantara.

KELAS MAYA

Kelas maya merupakan sebuah kelompok belajar yang memungkinkan individu mengunduh berbagai macam informasi dan pengetahuan baru yang diperlukan dan telah disediakan oleh pemateri sekaligus menyampaikan tanggapannya. Kelas maya merupakan kelas bersifat terbuka dan jarak jauh yang diadakan guna melakukan pembelajaran yang hanya bisa diikuti oleh seseorang yang sudah melakukan pendaftaran.

PRESENTASI VIDEO

Dalam presentasi video, seseorang dimungkinkan untuk merekam gambar bergerak yang lebih baik dan juga lebih mudah. Meskipun dalam proses mempelajari teknik perekaman gambar berikut penyuntingannya tidaklah mudah. Terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan seperti video process (proses perekaman gambar bergerak melalui lensa yang terpasang pada kamera digital atau kamera recorder ataupun handphone).

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: