Pengertian Seni Rupa Dan Jenisnya

Pengertian seni rupa adalah sebuah cabang seni yang menghasilkan karya yang bisa diraba dan dilihat oleh mata. Seni rupa merupakan olahan karya seni dari unsur garis, titik, bidang, volume, bentuk, tekstur, warna dan efek pencahayaan. Secara sederhananya, seni rupa merupakan hasil karya gambar atau visual.

Jenis-jenis Seni Rupa

Secara umum, seni rupa dibagi menjadi dua bagian yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Lalu menurut bentuknya, seni rupa dibagi menjadi seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi.

Seni Rupa Murni

Seni rupa murni lebih menekankan nilai estetika. Seni rupa murni seperti menunjukan sebuah karya untuk segi hiburan dan lebih mengutamakan keindahan dari karya tersebut. contoh dari seni rupa murni antara lain lukisan, patung, grafis.

Lukisan termasuk seni rupa dua dimensi yang dibuat dalam sebuah media kertas, kanvas dan lainnya. Patung termasuk jenis seni rupa tiga dimensi.

Dibuat dengan memakai teknik tertentu, dibentuk, dipahat sampai terbentuk sebuah bentuk tiga dimensi yang diinginkan. Terbuat dari tanah. Batu, logam dan lainnya. Sedangkan grafis merupakan karya jenis yang hampir mirip dengan lukisan. Tetapi teknik pembuatannya lebih modern. Biasanya memakai komputer atau alat yang lebih canggih.

Seni Rupa Terapan

Dari pengertian seni rupa, kita juga bisa membedakannya menjadi seni rupa terapan. Untuk jenis seni rupa terapan lebih mengutamakan fungsi dari karya tersebut. Walaupun begitu tetap mengedepankan keindahan yang bagus. Contoh karya seni terapan antara lain seni arsitektur dan seni kria.

Untuk seni arsitektur digunakan dalam merancang sebuah bangunan. Sehingga lebih mengutamakan kegunaan dari bangunan tersebut dibandingkan nilai estetikanya. Indonesia termasuk negara yang memiliki seni rupa terapan arsitektur yang banyak sekali. Seperti candi-candi yang ada di indonesia.

Untuk seni kria terjadi karena adanya hasil kebudayaan untuk sebuah lingkungan atau diri kriawan. Contohnya keramik, loham, kia kayu kulit, gerabah dan lain sebagainya.

Dari penjelasan diatas, kita akan lebih paham tentang pengertian seni rupa itu sendiri. sekian artikel kali ini. semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: