Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi, Teknik dan Contohnya

Pengertian seni rupa 2 dimensi adalah sebuah karya seni rupa yang mempunyai batas dua sisi, yaitu sisi panjang dan sisi lebar. Karya seni rupa 2 dimensi ini tidak mempunyai ruang karena tidak ada unsur ketebalan ataupun ketinggian. Hasil dari seni ini hanya dapat dinikmati pada satu sisi saja. Selain seni rupa 2 dimensi, ada juga seni rupa 3 dimensi yang merupakan kebalikan dari seni rupa 2 dimensi. Dalam seni rupa 3 dimensi, terdapat unsur panjang, lebar, dan juga tinggi sehingga menghasilkan sebuah ruang.

TEKNIK SENI RUPA 2 DIMENSI

Terdapat beberapa teknik yang biasa dipakai dalam pembuatan seni rupa 2 dimensi, yaitu :

1. Teknik plakat

Biasanya dipakai dalam lukisan. Teknik ini mengandalkan cat poster atau cat minyak yang menghasilkan warna padat dan pekat.

2. Teknik kolase

Dilakukan dengan cara memotong kertas lalu menempelkannya pada obyek tertentu hingga menghasilkan sebuah lukisan. Teknik ini menghasilkan lukisan yang realis atau abstrak.

3. Teknik transparan

Menggunakan media cat air yang digoreskan tipis-tipis sehingga menghasilkan tekstur transparan.

4. Teknik 3M (melipat, menggunting, dan merekat)

Teknik ini merupakan manipulasi lembaran-lembaran kertas yang dirangkai sedemikian rupa membentuk sebuah bentuk karya seni 3 dimensi.

CONTOH SENI RUPA 2 DIMENSI

Ada banyak sekali contoh seni rupa 2 dimensi yang bisa anda temukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti :

1. Seni grafis

Seni grafis pada dasarnya adalah cabang seni rupa yang membutuhkan alat bantu. Seni ini dibuat menggunakan teknik cetak dan teknik seni rupa 2 dimensi. Salah satu contoh seni grafis adalah fotografi dimaan anda membutuhkan media berupa kamera yang menghasilkan sebuah karya seni yang dapat dinikmati oleh banyak orang.

2. Lukisan

Lukisan merupakan karya seni rupa 2 dimensi pada sebuah permukaan misalnya kanvas, dinding, atau kertas. Proses pembuatannya cukup mudah, dengan memulaskan cat dengan kuas, pisau palet, atau peralatan lainnya pada permukaan media yang tersedia.

3. Kaligrafi

Kaligrafi adalah seni artistik tulisan tangan bahasa Arab. Kaligrafi bisa disebut sebagai salah satu bentuk gabungan ekspresi seni dalam konteks agama dan budaya Islam.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: