Pengertian Ilmu Semantik Secara Umum

Pengertian semantik adalah salah satu cabang dari linguistik yang meneliti makna dan arti. Kata semantik itu sendiri berasal dari bahas Yunani semantikos yang memiliki arti memberi tanda penting. Tugas dari ilmu semantik adalah mempelajari makna yang terdapat dalam suatu bahasa, kode, serta representasi jenis lainnya.

Sebenarnya dalam berkomunikasi dengan orang lain, secara tidak sadar kita telah menerapkan ilmu kebahasaan yang salah satunya adalah linguistik semantik ini. Dalam ilmu semantik, hal yang diteliti yaitu suatu makna yang bebas konteks atau bisa juga di artikan bersifat fleksibel.

Jenis-jenis semantik

Setelah mengetahui pengertian semantik, selanjutnya yang juga harus diketahui adalah jenis ilmu semantik tersebut. Adapun jenis-jenis dari ilmu semantik antara lain:

1. Semantik deskriptif

Semantik deskriptif yaitu ilmu semantik yang mengkaji makna saat ini yang berlaku. Semantik jenis ini hanya mempelajari makna sekarang, contohnya kata juara diartikan orang yang memenangi juara atau orang yang nomor satu dalam suatu pertandingan dengan mengabaikan makna sebelumnya seperti wasit yang memimpin pertandingan tersebut.

2. Semantik leksikal

Pengertian dari semantik leksikal yaitu ilmu simantik yang memfokuskan pada system makna suatu kata. Contoh dari semantik ini adalah arti kata-kata yang terdapat pada kamus.

3. Semantik gramatikal

Semantik gramatikal adalah kajian semantik yang meneliti makna dalam suatu kalimat. Dalam semantik gramatikal ini, diharuskan menafsirkan semua isi kalimat dan memahami apa yang terkandung di dalamnya.

4. Semantik historis

Semantik historis yaitu semantik yang system suatu makna dalam satu sebuah rangkaian waktu. Kajian ini lebih mempelajari tentang suatu makna didalam sebuah rentangan waktu, bukan tentang perubahan suatu bentuk kata.

5. Semantik logika

Sesuai dengan namanya, ilmu semantik ini lebih mempelajari makna secara logika. Semantik logika merupakan cabang dari logika modern.

6. Semantik structural

Menurut pendapat orang yang menganut sistem ini, menyatakan bahwa bahasa adalah suatu sistem dengan hubungan sebuah struktur yang sangat unik. Struktur ini terwujud didalam fonem, klausa, frase, kata, morfem dan kalimat.

7. Semantik generatif

Semantik ini muncul tahun 1968. Menurut penganut semantik generatif, mereka menyatakan bahwa struktur sintaksis dan semantik memiliki sifat homogen.

8. Semantik behaviors

Para penganut semantik behavior makna sangat di tentukan oleh keadaan lingkungan. Dengan kata lain, pengertian simpatik jenis ini, suatu makna bisa dipahami jika terdapat data dan dalam suatu lingkungan manusia.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: