Pengertian Sekretaris Dan Tugasnya

Pengertian sekretaris adalah seorang pembantu dari seorang pimpinan yang bertugas untuk menyiapkan tugas, pendiktean, menerima tamu, mengingatkan pimpinan, memeriksa dan masih banyak lainnya. Dengan adanya sekertaris akan meningkatkan efektivitas dari pimpinan tersebut. Tugas-tugas yang diberikan sekertaris biasanya bersifat rahasia. Jadi hanya tahu tentang pimpinan saja, tidak bisa dibocorkan ke orang lain. Sekertaris lebih berhubungan dengan administrasi dari sebuah perusahaan.

Tugas Sekertaris

Sekertaris memiliki tugas yang banyak sekali. Dari tugas rutin, khusus, istimewa dan masih banyak lainnya. Sekertaris sebenarnya tidak hanya ada di sebuah perusahaan saja. Tap juga di organisasi. Yang bertugas untuk mencatat semua hal di organisasi tersebut. Tugas harian seorang sekertaris meliputi menerima tamu, menulis semua perintah pimpinan, membuka surat, menerima telepon, menyiapkan arsip surat, menyusun jadwal kegiatan dan lain sebagainya.

Dari pengertian sekertaris, dapat disimpulkan bahwa sekertaris memiliki tugas yang banyak sekali. Untuk tugas khususnya, seorang sekertaris harus menyusun surat rahasia, perjanjian kerjasama, pertemuan bisnis yang penting. Bahkan seorang sekertaris memiliki tugas untuk mengurusi masalah keuangan. Tapi dalam skala yang kecil. Tidak sebesar tugas bendahara atau bagian keuangan.

Syarat Sekertaris

Untuk menjadi seorang sekertaris, ada syarat sekertaris yang harus dipenuhi. Seorang sekertaris harus memiliki personalitas yang baik. Bahkan dari penampilannya pun harus menarik. Memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Ramah, sabar, peka, mudah bergaul dan lainnya.

Tak hanya dari syarat personalitas saja yang harus dipenuhi. Tetapi juga dari ilmu dan keahlian yang dimiliki. Seorang sekertaris harus terampil dalam beberapa bahasa. Tergantung dengan perusahaan tersebut, memiliki kemampuan tentang kearsipan atau masalah administrasi perusahaan,

Seorang sekertaris memang harus memiliki kemampuan yang komplet. Dari penampilan sampai masalah kepribadian. Karena dirinya memiliki bagian yang penting dalam perusahaan dan mengemban tugas yang banyak sekali. Tidak boleh sembarangan, dalam memiliki seseorang sekertaris. Itulah sedikit informasi tentang pengertian sekertaris. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Sekretaris Dan Tugasnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: