Pengertian Sejarah Dan Ruang Lingkupnya

Pengertian sejarah adalah sebuah kejadian di masa lalu yang diungkap berdasarkan penemuan peninggalan setiap peristiwa. Definisi sejarah berbeda-beda menurut ahli. Misalnya menurut R. Mohhamad Ali, sejarah adalah keseluruhan perubahan dan kejadian-kejadian yang bener telah terjadi atau ilmu yang menyelidiki perubahan yang benar terjadi di masa lampau. Lalu menurut ibnu khaldun, sejarah adalah sebuah catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradapan dunia tentang perubahan yang terjadi pada watak masyarakat.

Unsur Dalam Sejarah

Dalam mempelajari sejarah, ada tiga unsur yang harus ada yaitu masa yang akan datang, masa kini dan masa lampau.

  1. Masa yang akan datang bisa belajar dari sejarah yang sudah terjadi. Supaya masa depan akan lebih baik lagi.
  2. Masa kini merupakan masa dimana generasi sekarang mempelajari sejarah sebagai cerminan masa yang akan datang.
  3. Masa lampau merupakan gambaran tentang kebudayaan dan manusia masa lampau. Sehingga bisa menjadikan peradapan baru untuk masa kini yang lebih baik.

Sumber Sejarah

Untuk mempelajari sebuah sejarah, kita tak hanya butuh pengertian sejarah itu sendiri. tapi juga butuh sumber sejarahnya. Sumber sejarah bisa dijadikan acuan untuk mempelajari tentang masa lampau yang sudah terjadi. Sumber sejarah dibagi menjadi tiga yaitu sumber lisan, sumber tertulis dan sumber benda (artefak).

  1. Sumber lisan merupakan sumber yang berasal dari pelaku sejarah. Misalnya legiun veteran republik indonesia yang belum meninggal. Pernah mengalami zaman kemerdekaan sendiri.
  2. Sumber tertulis merupakan sumber yang berasal dari peninggalan sejarah yang tertulis. Bisa surat kabar, naskah. Catatan tahunan dari cina. Dokumen, rekaman, babad dan lainnya.
  3. Sumber benda atau artefak adalah sumber sejarah yang berupa benda kebudayaan. Bisa berupa perhiasan, kapak, gerabah, candi, patung dan lainnya.

Menurut cara menyampaikannya, sumber sejarah dibagi menjadi sumber primer, sumber sekunder dan sumber tersier. Untuk sumber primer contohnya prasasti, piagam, kronik dan lainnya. untuk sumber sekunder berupa laporan penelitian, ahli sejarah dan kitab kuno. Sedangkan sumber tersier berupa laporan penelitian langsung. Itulah sedikit informasi tentang pengertian sejarah. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: