Pengertian Scanner Beserta Fungsi Dan Jenisnya, Lengkap

pengertian scanner

Pernahkah anda mendengar kata scanner? Definisi scanner adalah sebuah alat yang dipergunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain lain, atau dapat pula diartikan scanner adalah alat elektronik yang berfungsi persis seperti mesin foto copy, dimana hasil pemindai tersebut nantinya akan ditransformasikan kedalam komputer menjadi sebuah data digital atau sejenisnya.

Ternyata scanner ini memiliki banyak sekali jenis dan juga kegunaannya, apasaja? berikut ini lebih lengkapnya.

Fungsi Dan Kegunaan Scanner

Kita pasti sering sekali melihat alat scanner semacam ini dimana saja, karena memang alat tersebut sudah bukan menjadi alat yang asing lagi. Fungsi dan kegunaan scanner tentu begitu bermanfaat untuk kita, dilihat dari pengertian scanner tadi, fungsi scanner adalah alat yang dapat membaca, merekam dan juga mengambil informasi suatu benda.

Baca juga : 7 Situs untuk Download Template Blogger Gratis dan Keren!

Baik itu benda dua dimensi ataupun tiga dimensi dan menghimpunnya untuk anda dalam bentuk gambar ataupun digital. Dan kegunaannya sebagai penyimpan gambar, baik itu foto, surat surat penting seperti ijazah, ataupun berita dari koran dalam bentuk file digital.

Jenis Jenis Scanner

Jenis jenis scanner ada beberapa macam, semua bergantung pada kegunaan dan juga cara kerja alat scanner tersebut. Adapun beberapa jenis tersebut seperti pemindai gambar, sinar-X, logam, cek, barcode, optical mark reader atau OMR, dan juga pemindai 3 dimensi.

Mesin scanner tersebut dikelompokan berdasarkan cara memasukkan kertas atau gambar. Terdapat dua jenis dari kelompok ini yakni flatbed dan juga hand and held.

Pada flatbed, pemindai gambar atau kertas diletakkan diatas kaca pemindai kemudian alat sensor akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh gambar dalam kertas tersebut.

Baca juga : 8 Peluang Bisnis Online tanpa Modal Besar yang Bisa Dikerjakan dari Rumah

Sedangkan handandheld ialah alat scanner dengan tangan yang harus digerakkan diatas gambar yang akan dibaca.

Itulah ulasan kiat mengenai pengertian scanner beserta tugas dan jenisnya. Kita tentu sering melihat alat yang sangat bermanfaat ini dimana saja, bahkan di kasir swalayan akan selalu menggunakan alat jenis handandheld ini untuk membaca barcode atau gambar.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Scanner Beserta Fungsi Dan Jenisnya, Lengkap | Admin | 4.5
%d bloggers like this: