Pengertian Sanitasi, Ruang Lingkup, Tujuan Beserta Manfaatnya

Pengertian sanitasi adalah sebuah perilaku yang disengaja untuk membudayakan hidup dengan bersih dan bermaksud untuk mencegah manusia bersentuhan secara langsung dengan bahan-bahan kotor dan berbahaya yang mana perilaku ini menjadi usaha yang diharapkan bisa menjaga serta meningkatkan kesehatan manusia. Jadi, dengan kata lain pengertian dari sanitasi ini merupakan upaya yang dilakukan demi menjamin dan mewujudkan kondisi yang sudah memenuhi syarat kesehatan.

Selain itu, ada beberapa pengertian sanitasi menurut para ahli yang di antaranya adalah menurut Hopkins bahwa sanitasi merupakan cara pengawasan terhadap berbagai faktor lingkungan yang berpengaruh pada lingkungan. Tak jauh berbeda, Azrul Anwar mengatakan bahwa sanitasi merupakan cara pengawasan oleh masyarakat terhadap faktor-faktor lingkungan yang mungkin berpengaruh pada kesehatan masyarakat. Selain itu, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia juga dikatakan bahwa sanitasi adalah usaha dalam membina serta menciptakan suatu kondisi yang baik dalam bidang kesehatan, terutama untuk kesehatan masyarakat.

Ruang Lingkup Sanitasi

Secara umum, sanitasi memiliki ruang lingkup yang meliputi beberapa hal seperti menjamin lingkungan dan tempat kerja yang baik dan bersih, melindungi setiap individu dari berbagai faktor yang dapat mengganggu kesehatan fisik ataupun mental, mencegah kecelakaan, mencegah timbulnya penyakit menular dan menjamin keselamatan kerja.

Tujuan Sanitasi

Seperti yang sedikit disinggung dalam pengertian sanitasi bahwa sanitasi ini memiliki tujuan untuk menjamin serta mewujudkan kondisi yang sesuai dengan persyaratan kesehatan. Selain itu, sanitasi juga memiliki beberapa tujuan lain yaitu memperbaiki, mempertahankan serta mengembalikan kesehatan pada manusia. Kemudian sanitasi juga bertujuan untuk memaksimalkan efisiensi produksi serta menghasilkan produk-produk yang sehat dan aman dari berbagai pengaruh yang bisa menyebabkan penyakit pada manusia.

Manfaat Sanitasi Untuk Kehidupan

Selain pengertian sanitasi dan tujuannya tersebut, terdapat juga manfaat-manfaat sanitasi untuk kehidupan yang perlu diketahui yang antara lain adalah mencegah beberapa hal seperti penyakit menular, kecelakaan dan bau tak sedap. Kemudian sanitasi juga bermanfaat untuk menghindari pencemaran, mengurangi jumlah persentasi manusia yang sakit serta mewujudkan lingkungan yang sehat, bersih dan juga nyaman. Sekian dan semoga bermanfaat.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Sanitasi, Ruang Lingkup, Tujuan Beserta Manfaatnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: