Pengertian Sampah Dan Dampaknya

Pengertian sampah adalah sesuatu yang dibuang yang dihasilkan dari proses produksi baik itu industri maupun rumah tangga (Domestik). Dengan kata lain, sampah adalah suatu material sisa yang tidak diinginkan oleh manusia setelah berakhir suatu proses/ penggunaan. Material sisa ini bisa berupa dari hewan, manusia, ataupun tumbuhan yang sudah tidak terpakai lagi dan biasanya dilepaskan ke alam dalam bentuk padat, cair, atau bahkan gas. Oleh karena itu, sampah juga memiliki beberapa jenis yang wajib diketahui agar bisa tidak membuat lingkungan tercemar.

Jenis-jenis sampah

Berdasarkan sumbernya, sampah memiliki beberapa jenis sampah adalah sampah alam, sampah konsumsi, sampah manusia, sampah nuklir, sampah pertambangan, sampah industri. Namun berdasarkan sifatnya, sampah bisa dibedakan menjadi sampah organik dan anorganik. Sampah organic adalah sampah yang bisa diurai oleh makhluk hidup. Yang termasuk jenis sampah ini adalah sisa makanan, sayuran, daun-daun kering, dan lain sebagainya yang berasal dari sisa makhluk hidup. Sedangkan sampah anorganik merupakan sampah yang tidak bisa diurai makhluk hidup bisa berupa plastik pembungkus, kaleng, botol, gelas, dan lain sebagainya.

Dampak Sampah

Berdasarkan pengertian sampah, sampah pasti akan berdampak pada kesehatan manusia atau makhluk hidup lain. Biasanya lokasi sampah yang tidak atau kurang memadai akan menjadi tempat bersarang beberapa organisme yang bisa membawa penyakit seperti lalat, kuman, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, setiap jenis sampah yang tidak diolah dengan baik bisa menyebabkan beberapa penyakit seperti tifus yang menyebar dengan cepat karena virus yang ada pada sampah. Bagi lingkungan, sampah juga bisa membuat dampak buruk untuk kehidupan karena rembesan sampah yang masuk ke drenaise bisa mencemari air sehingga beberapa makhluk hidup disekitar bisa mati karena sampah tersebut.

Manfaat Sampah

Walaupun begitu sampah juga bisa didaur ulang lagi untuk kepentingan manusia jika diproses dengan baik. Dengan demikian, pengertian sampah bisa memberikan dampak yang bagus jika sampah yang bisa diproses dan diolah kembali diperlakukan dengan baik. Anda bisa mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos. Sedangkan sampah anorganik bisa diolah kembali dengan kreatifitas yang anda miliki untuk dipergunakan kembali.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: