Pengertian Sains Dan Cabang ilmunya

Pengertian sains adalah ilmu pengetahuan. Sains ini mencakupi semua pengetahuan tentang alam. Meliputi kimia, fisika, biologi, botani, zoologi, geologi dan masih banyak lainnya. Semuanya dilakukan secara sistematis, melalui sebuah penelitian dan uji coba untuk dipelajari atau diselidiki. Dalam kehidupan sehari kita tidak bisa terpisahkan dari yang namanya dengan sains, bahkan di tubuh kita sendiri banyak sekali berbagai sistem yang berhubungan dengan sains.

Cabang Ilmu Sains

Ilmu sains memiliki cabang yang banyak lagi. Pertama ada ilmu bumi yang mempelajari semua hal mengenai bumi ini. Dari ilmu bumi ini pun dibagi menjadi beberapa cabang ilmu lagi. Ada yang namanya ilmu geologi yang mempelajari tentang gempa bumi, batu-batuan, gunung berapi, fosil dan lainnya. Meteologi yang mempelajari tentang cuaca dan atmosfir, oceanografi yang mempelajari tentang semua hal mengenai laut dan paleontologi yang mempelajari tentang fosil tumbuhan dan fosil hewan.

Dari pengertian sains juga bisa dipelajari dari cabang ilmu hayati. Ilmu hayati memiliki cabang ilmu lagi yang paling banyak. Ada anatomi mempelajari tentang struktur, bentuk dan susunan tubuh. Bakteriologi tentang bakteri, biologi mengenai semua hal hewan. Tumbuhan, manusia dan lainnya. Botani lebih ke tumbuhan, ekologi tentang habitat atau hubungan antara kehidupan dan lingkungan, kedokteran tentang pengobatan penyakit, farmakologi tentang obat-obatan, fisiologi tentang fungsi dari sebuah benda hidup, zoologi tentang hewan dan psikologi tentang tingkah laku.

Ada juga cabang ilmu pasti dan alam serta ilmu sosial. Sains memang melingkupi semua hal tentang ilmu pengetahuan. Mempelajari semua hal yang ada di bumi ini. Hal ini membuat manfaat sains sangatlah penting sekali. Sejak dini, anak-anak harus mulai diajari tentang sains. Supaya bisa memahami semua hal yang ada di bumi. Suka menidentifikasi dan memahami pengetahuan. Ilmu sains sendiri akan terus berkembang. Saat ini sains sudah semakin modern, dengan ditemukan berbagai penemuan baru yang memudahkan kehidupan manusia. Itulah sedikit informasi yang bisa kami sampaikan tentang pengertian sains. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Sains Dan Cabang ilmunya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: