Pengertian Sabar Menurut Pandangan Islam Dan Manfaatnya

Banyak yang sering menggunakan kata sabar, tetapi mungkin hanya beberapa yang mengetahui pasti artinya. Pengertian sabar yaitu suatu sikap menahan diri, emosi, dan keinginan, dan juga bertahan dalam situasi yang sulit dan tidak mengeluh.

Sabar merupakan pengendalian diri yang juga dipandang sebagai sikap yang mempunyai nilai tinggi dan mencerminkan kekokohan jiwa. Apabila semakin tinggi kesabaran yang dimiliki seseorang, maka semakin kuat pula orang tersebut dalam menghadapi segala macam masalah yang menghadapinya dalam kehidupan.

Pengertian Sabar Menurut Pandangan Islam

Kata sabar sendiri berasal dari bahasa Arab yaitu dari kata sobaro yasbiru, yang artinya menahan. Sedangkan secara istilah, pengertian sabar adalah menahan diri dari segala sesuatu bentuk kesulitan, kesedihan atau menahan diri dalam menghadapi sesuatu yang tidak disukainya.

Di dalam islam, ada tiga bentuk sabar, yaitu sabar dalam ketaatan kepada Allah misalnya puasa, zakat, haji. Sabar dalam menghadapi musibah misalnya kehilangan harta, berkurangnya rejeki, musibah banjir, dan bencana alam. Dan sabar dalam menjauhi perbuatan maksiat yang diharamkan Allah misalnya tidak berjudi, minuman keras, dan yang lainnya.

Manfaat Sabar

Perlu kita ketahui apa manfaat sabar yaitu :

1. Memberi Ketenangan pada Tubuh dan Pikiran

Dengan sabar membuat tubuh dan pikiran lebih tenang, anda tidak terbebani dengan target yang akan anda capai, dan juga tidak stres.

2. Menikmati Proses

Apabila anda terburu-buru, maka anda akan terus berusaha dan hanya melihat target saja. Karena setiap proses begitu berharga maka nikmatilah proses tersebut.

3. Menyeimbangkan Tempo dengan Lingkungan

Bukan hanya diri anda saja yang terkena dampak jika tidak sabar, maka lingkunganpun juga akan terpengaruh . Dan juga dapat memiliki emosi yang stabil dan tidak mudah dipengaruhi oleh lingkungan sekitar.

4. Hidup Damai

Ketidaksabaran akan mengakibatkan kegelisahan, kebencian, dan permusuhan. Apabila anda sabar, maka akan merasakan hidup lebih damai karena setiap hal yang dilakukan akan mengalir dengan sendirinya

Adapun pengertian sabar secara luas adalah menahan diri agar tidak mudah marah, berkeluh kesah, benci, dendam, tidak mudah putus asa, melatih diri dalam ketaatan dan membentengi diri agar tidak melakukan perbuatan maksiat.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: