Pengertian Revolusi Mental Menuju Bangsa Berkarakter

Pengertian revolusi mental yaitu gerakan semua masyarakat yang dilakukan secara cepat untuk membentuk manusia baru yang dengan karakter yang bagus dan tangguh. Gerakan revolusi mental ini diungkapkan kembali oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Revolusi mental warga Negara Indonesia sangat diperlukan. Hal ini disebabkan saat ini mental dan karakter warga Negara Indonesia sudah jauh dari perilaku yang mencermikan sikap yang terdapat dalam pancasila sebagai pedoman hidup. Contoh perilaku yang bukan pencerminan dari pancasila antara lain korupsi, intoleransi, perampokan, pencurian dan lain sebagainya.

Sosialisasi tentang pengertian revolusi mental kepada masyarakat sangat di perlukan. Hal ini bertujuan agar proses revolusi mental yang akan dijalankan oleh pemerintah berjalan dengan sukses. Pelopor utama dalam memberikan contoh hal ini adalah aparat pemerintahan. Dengan hal ini, diharapkan masyarakat akan mencontoh perilaku aparat Negara tersebut. Dengan berhasilnya revolusi mental ini, maka bangsa Indonesia akan menjadi maju dan sejahtera.

Manfaat revolusi mental

Revolusi mental yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mempunyai manfaat yang besar. Salah satu manfaat revolusi mental adalah dengan tumbuhan sikap-sikap dan karakter dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang baik. Salah satu sifat yang akan di dapat dari revolusi mental ini yaitu semangat gotong royong, bekerja dengan keras, saling menghormati, dan lain sebagainya.

Tujuan Revolusi mental Indonesia

Revolusi mental Indonesia ternyata mempunyai tujuan yang baik bagi bangsa Indonesia yang besar ini. Dengan revolusi mental yang dilakukan secara cepat, diharapkan warga Negara Indonesia dapat dengan segera mengejar ketertinggalannya dalam segala bidang.

Dengan cara ini di harapkan masyarakat Indonesia akan memiliki perilaku dan sikap mental yang mengarah untuk selalu berfikir kedepan, sehingga bangsa Indonesia dapat bersaing dengan bangsa-bangsa lainnya.

Dengan pemahaman mengenai pengertian revolusi mental yang baik, diharapkan seluruh rakyat Indonesia dapat segera kembali mengamalkan perilaku yang ada tertuang dalam pancasila dan undang-undang dasar 1945. Dengan mengamalkan kembali pancasila dan UUD 1945, maka Negara Indonesia akan menjadi Negara yang maju dan disegani oleh Negara-Negara lain.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: