Pengertian Resistor pada Perangkat Elektronika

Pengertian resistor adalah sebuah komponen dalam elektronika yang memiliki fungsi untuk menghambat atau untuk membatasi aliran listrik dalam satu rangkaian elektronika. Fungsi dari resistor ini sangatlah penting. Komponen ini termasuk dalam komponen pasif. Komponen ini bisa juga dihitung dan satuan dari resistor disebut sebagai ohm. Perancangan elektronika sangat membutuhkan resistor oleh karena itu, anda harus paham terlebih dahulu mengenai pengertian resistor.

Ketika seseorang mempelajari mengenai pengertian dari resistor, selanjutnya juga harus mengetahui symbol resistor dan kapasitas daya dari resistor. Pengertian dari kapasitas daya resistor adalah nilai dari daya maksimum yang bisa dilalui oleh resistor.

Nilai dari suatu kapasitas resistor dapat diketahui dengan melihat ukuran fisik dari sebuah resistor. Pada kemasan resistor terdapat tulisan yang menyebutkan kapasitas daya. Dengan mengetahui nilai kapasitas maka anda bisa menggunakan resistor dengan lebih tepat. Kelebihan daya bisa menyebabkan resistor rusak atau bahkan terbakar.

Nilai toleransi resistor

Pengertian resistor yang sudah diketahui akan memudahkan anda untuk mengetahui nilai toleransi dari resistor. Toleransi resistor memiliki arti perubahan nilai resistensi dari angka atau nilai yang terdapat pada badan resistor yang masih bisa atau boleh digunakan dan disebut kondisi baik. Jika resistor sudah mengalami perubahan fisik namun ternyata ada nilai toleransi resistor yang masih ada maka resistor masih bisa digunakan dan tidak harus diganti dahulu.

Jenis jenis resistor

Ada tiga jenis resistor yang bisa anda temukan. Resistor yang pertama adalah jenis kawat atau wirewound resistor. Resistor ini terbuat dari bahan kawat yang dililitkan. Resistor ini memiliki kapasitas yang paling besar jika dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Jenis yang kedua adalah resistor arang yang dibuat dari bahan utama arang atau carbon. Kapasitasnya memang tidak sebesar resistor kawat, anda bisa dengan mudah menemukan resistor jenis arang ini.

Jenis yang ke tiga adalah resistor oksida logam yang dibuat dengan bahan oksida logam dengan karakteristik yang sangat baik. Resistor ini banyak digunakan untuk perangkat industry. Setelah mengerti mengenai pengertian resistor dan segala macamnya, anda akan lebih mudah untuk mempelajari mengenai resistor secara lebih detail.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: