Pengertian Reproduksi Untuk Makhluk Hidup, Proses dan Siklusnya

Pengertian reproduksi adalah proses biologis suatu individu untuk menghasilkan individu baru. Reproduksi ini juga biasa disebut dengan berkembang biak. Biasanya reproduksi ini bertujuan untuk mempertahankan diri serta salah satu cara untuk mempertahankan keturunan mereka. Semua makhluk hidup melakukan proses reproduksi mereka agar bisa menghasilkan suatu generasi selanjutnya dan tidak mengalami kepunahan. Proses reproduksi setiap makhluk hidup sangat berbeda-beda.

Proses reproduksi

Seperti yang sudah dijelaskan tentang pengertian reproduksi diatas bahwa setiap makhluk hidup memiliki proses reproduksi yang berbeda-beda. Proses reproduksi ini terjadi pada hewan, tumbuhan serta manusia. Cara perkembangbiakan ketiganya sangat berbeda. Namun hal yang pasti dan perlu diketahui bahwa tumbuhan dan hewan bisa melakukan proses reproduksi dengan cara seksual dan aseksual. Sedangkan untuk manusia sendiri hanya bisa melakukan reproduksi dengan cara seksual. Reproduksi aseksual adalah reproduksi disaat keturunan timbul dari orang tua tunggal dan mewariskan genetika dari satu orang. Sedangkan reproduksi seksual adalah proses dimana yang melibatkan seks secara rutin dimana individu organisme baru diproduksi.

Fase atau siklus reproduksi

Fase setiap mahkluk hidup untuk melakukan reproduksi juga memiliki waktu yang berbeda-beda. Penjelasan reproduksi untuk setiap fasenya ini tergantung dari proses reproduksi yang dilakukan. Namun fase ini juga banyak yang mengalami kegagalan apabila proses reproduksi tersebut tidak bertemu antar sel yang berhubungan. Hal ini menyebabkan kegagalan dalam proses pembuahan karena setiap sel memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam melakukan pembuahan. Fase pembelahan tersebut bisa sangat cepat, lambat ataupun tidak mengalami pembelahan sama sekali yang biasa disebut gagal setelah melewati masa pertumbuhan tertentu.

Tahapan-tahapan tersebut disebut dengan siklus sel. Sel dalam tubuh yang aktif melakukan pembelahan yang memiliki siklus lengkap. Tidak hanya itu saja, siklus sel ini juga dibedakan menjadi dua tahapan yaitu interfase dan mitosis. Semua pembelahan tersebut juga mengalami pembagian lagi yang terdiri dari beberapa fase lain. Semua fase tersebut dalam pengertian reproduksi juga menjadi proses terbentuknya individu baru bagi makhluk hidup yang melakukannya. Itulah definisi tentang reproduksi yang perlu kalian ketahui.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Reproduksi Untuk Makhluk Hidup, Proses dan Siklusnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: