Pengertian Representatif Karya Seni Yang Alami

Representatif menurut kamus besar bahasa Indonesia memiliki arti dapat (cakap, tepat) mewakili, sesuai fungsinya sebagai wakil. Sedangkan, pengertian representatif dalam seni rupa adalah karya seni yang menggambarkan keadaan alam sekitar dan kehidupan masyarakatnya. Seni rupa representatif merupakan suatu karya seni lukis yang menggunakan alam dan kehidupan masyarakatnya sekitar sebagai obyek gambarnya.

Jenis-jenis seni rupa representatif

Dalam seni rupa representatif, terdapat beberapa gaya seninya. Setiap gaya lukis menghasilkan karya lukis yang berbeda. Berikut ini yang termasuk dalam kelompok gaya lukis representatif:

1. Realisme

Pengertian realisme adalah sebuah aliran dari seni yang melihat dunia tanpa ada ilusi, sehingga penggambaran dalam lukisannya sama dengan keadaan aslinya. Hal ini sesuai dengan pengertian representatif, maka seniman yang memakai gaya lukis representatif realisme menggambar dalam media lukis sesuai dengan kenyataannya. Adapun seniman yang memakai gaya realisme antara lain Tarmizi, Dullah, Wardoyo, Trubus, S. Sudjono dan lain-lain.

2. Romantisme

Romantisme merupakan aliran dalam seni lukis yang mempunyai sifat imajiner. Karya dalam lukisan romantisme menggambarkan peristiwa dahsyat, cerita romantis, atau bisa juga menggambarkan suatu keadaan yang dramatis. Para pelukis yang termasuk dalam aliran gaya ini adalah Turner, Raden Saleh dan Francisco Goya.

3. Naturalisme

Pengertian Naturalisme adalah aliran dari seni rupa yang dalam penggambaran lukisannya secara alami atau bisa disebut sesuai dengan kenyataan. Pelukis yang menganut aliran naturalism akan menggambar objek sesuai dengan keadaan aslinya. Adapun pelukis-pelukis yang memakai gaya penggambaran naturalism yaitu Constabel, William Bliss Baker, Abdullah, Rubens, Wakidi, Abdullah Suryobroto, Mas Pringadi, dan masih banyak pelukis lainnya.

Keunggulan seni rupa representatif

Pengertian representatif adalah mewakili. Jadi, Seni rupa aliran representative merupakan aliran seni lukis yang menggambarkan keadaan aslinya. Salah satu keunggulan aliran seni rupa ini adalah gambar yang sesuai kenyataan.

Hal ini, dapat menjadikan lukisan yang beraliran representatif sabagai dokumen yang merekam kejadian atau keadaan pada waktu lampau. Dengan demikian, peristiwa atau keadaan pada masa dahulu akan selalu teringat ketika melihat hasil lukisan beraliran seni rupa representatif ini.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Representatif Karya Seni Yang Alami | Admin | 4.5
%d bloggers like this: