Pengertian Reklamasi, Tujuan Dan Manfaat

Pengertian reklamasi bisa disebut sebagai perluasan pada daerah daratan sehingga hal ini akan mampu membantu aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-harinya. Dan ini pun juga dimanfaatkan pada daerah pantai dimana wisatawan juga bisa menikmati dari keindahan pantai yang ada. Bahkan reklamasi dilakukan ketika beberapa daerah terkena emosi maka suatu hal yang ada dilakukan reklamasi untuk mengembalikan seperti semula. Sebagai contohnya Anda bisa tahu reklamasi yang membahas pantai jakarta utara.

Reklamasi yang sesungguhnya diambil dari “to reclaim” bahasa inggris yang berarti memperbaiki segala sesuatu yang rusak. Jadinya bisa pastikan reklamasi lebih dapat diartikan sebagai sarana yang mendukung pada suatu hal yang patut dibenahi karena sudah tidak layak.

Tujuan serta manfaat reklamasi

Menurut dari modul terapan reklamasi 2007 yang tujuan reklamasi adalah bisa menjadikan kawasan atau tempat yang berair dan tidak layak pakai akan lebih dijadikan hal yang lebih berguna serta bermanfaat. Dalam hal tersebut bisa Anda menyebutkan sebagai kawasan baru yang nantinya berguna bagi masyarakat sekitar misalnya menjadi pemukiman warga guna bertempat tinggal, menjadi tempat perindustrian, perkotaan, pelabuhan, usaha dalam berbisnis, sebagai jalur transportasi, dan juga mengurangi adanya ancaman pada abrasi lingkungan.

Dampak dari reklamasi pantai

Dari adanya reklamasi maka akan lebih jauh membantu dan memenuhi kebutuhan manusia, selain itu jelas Anda akan bisa membedakan reklamasi akan lebih bis membuat aktivitas sosial semakin meningkat misalnya mulai dari lingkungan, ekonomi, hukum dan bahkan lebih pada saran dan prasarana yang memang sangatlah dibutuhkan oleh manusia.

Akan tetapi ada juga yang patut disayangkan karena reklamasi sendiri bisa juga mengakibatkan dampak banjir akan meninggi, tergusurnya wilayah untuk nelayan yang bekerja untuk mencari nafkah, bahkan pemukiman dekat pantai akan tidak ada. Maka dari itu sebelum melakukan reklamasi akan ada kegiatan bagaimana mengenai konsultasi publik mulai dari bagaimana data-data dan yang ada dilapangan apakah layak direklamasi atau tidak. Kemudian mengenai perencanaan-perencanaan ini tidak akan pernah meleset dan justru memberikan jawaban terbaik.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Reklamasi, Tujuan Dan Manfaat | Admin | 4.5
%d bloggers like this: