Pengertian RAM (Random Access Memory) Beserta Fungsinya

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data yang sifatnya hanya sementara yaitu saat computer sedang diaktifkan maka dapat dijalankan secara acak atau random.

Pengertian RAM adalah media atau ruang penyimpanan sementara yang berguna untuk mempercepat terjadinya pemrosesan data yang terdapat pada computer.

Jika RAM yang digunakan semakin besar maka tentu saja computer akan dapat dijalankan dengan kinerja yang cepat. Hal tersebut bisa saja terjadi sebab RAM memiliki ruang penyimpanan bagi computer. Untuk anda yang ingin tahu lebih lanjut mengenai pengertian dan fungsi RAM maka langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Jenis Jenis RAM

Dengan menggunakan RAM maka data data yang ada dalam computer juga dapat diambil dengan cepat sehingga loading data pengambilan data juga tidak lelet.

RAM ini sendiri memiliki bentuk yang menyerupai chip yang kemudian dimasukkan pada slot RAM yang terdapat pada motherboard computer.

Setelah anda paham dengan Pengertian RAM tersebut maka kali ini anda pun juga harus tahu bahwa RAM terbagi atas beberapa jenis. Untuk jenis RAM yang pertama yaitu Dynamic RAM yang merupakan RAM berkala yang harus di refresh oleh CPU sehingga data yang terdapat di dalamnya tersebut tidak mudah hilang.

Kemudian untuk jenis RAM berikutnya adalah SDRAM atau Sychronus atau lanjutan dari DRAM yang kemudian di sinkronisasikan oleh clock sistem.

Baca juga : Pengertian Scanner Beserta Fungsi Dan Jenisnya, Lengkap

Jenis RAM lainnya yaitu ada DDR RAM atau Double Rate Random Acces Memory yang merupakan lanjutan dari SDRAM.

Kemudian juga ada RDRAM atau Rambus Dynamic Access Memory yang merupakan jenis memory super cepat dan juga terkenal lebih mahal. Juga ada SRAM atau Staytic Random Access Memory yang merupakan memory tanpa refresh CPU sebab data yang tersimpan di dalamnya tersebut akan terjaga dengan baik.

Yang terakhir ada EDORAM atau Extended Data Out Random Access Memory yang telah didukung oleh Pentium. Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari Pengertian RAM beserta dengan fungsi dan beberapa jenisnya.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: