Pengertian Qurban, Kriteria, Waktu Dan Cara Penyembelihan

Pengertian istilah qurban dari segi bahasa adalah berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti dekat. Dalam Islam, qurban juga biasa disebut dengan istilah al-udhhiyyah dan juga adh-dhahiyyah yang memiliki arti hewan sembelihan seperti halnya unta, sapi, kambing dan lain sebagainya yang disembelih pada saat Idul Adha dan juga hari-hari tasyriq.

Jadi, pengertian qurban bisa dimaknai sebagai binatang ternak yang disembelih pada hari raya Idul Adha demi mendekatkan diri kepada Allah SWT hingga berakhir hari tasyriq. Hukum qurban sendiri adalah sunnah muakkad atau sangat dianjurkan jika mampu. Seorang yang mampu namun meninggalkannya, maka hukumnya makruh baginya.

Kriteria Hewan Qurban

Adapun dari kriteria hewan qurban diantaranya adalah hewan ternak, baik jantan ataupun betina. Seperti yang sedikit disinggung dalam pengertian qurban, hewan ternak ini bisa berupa unta, sapi, kambing ataupun domba.

Kemudian kriteria selanjutnya adalah hewan qurban harus dalam kondisi sehat, tidak memiliki cacat secara fisik dan juga tidak dalam kondisi sakit. Jadi hewan yang sakit, sangat kurus, pincang dan memiliki cacat tidak diperbolehkan untuk menjadi hewan qurban.

Selain itu, hendaknya usia hewan qurban juga telah mencapai batas yang ditentukan seperti unta yang sudah genap berumur 5 tahun, sapi telah genap 2 tahun dan kambing yang telah berusia 1 tahun atau giginya sudah tanggal.

Waktu Penyembelihan Qurban

Setelah mengetahui pengertian dari qurban dan kriterianya, waktu penyembelihan juga sangat penting untuk diketahui. Penyembelihan hewan qurban ini sudah bisa dilakukan setelah matahari telah terbit dan telah memasuki waktu Dluha pada hari raya Idul Adha (10 Dzul Hijjah) dan berakhir pada akhir hari tasyriq.

Tata Cara Menyembelih Hewan Qurban

Terakhir, dalam ulasan pengertian qurban adalah cara penyembelihan. Penyembelihan hendaknya dilakukan langsung oleh orang yang berkurban jika seorang laki-laki dan mampu. Jika tidak mampu, bisa diwakilkan dengan syarat bukan orang kafir, perempuan dan anak kecil.

Untuk melakukan penyembelihan bisa diawali dengan membaca basmalah lalu mengucap takbir (bisa sebelum atau setelah basmalah), kemudian menghadapkan hewan qurban ke arah kiblat. Dianjurkan membaca shalawat dan do’a bil-qobul. Sekian


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: