Pengertian Public Relation Secara Umum

Pengertian public relation adalah sebuah usaha yang dilakukan atau direncanakan secara continue atau terus menerus agar bisa tercipta timbal balik dalam organisasi dan juga dalam masyarakat. Tujuan dari public relation adalah untuk membangun hubungan komunikasi yang baik didalam organisasi ataupun diluar organisasi.

Dengan adanya public relation semacam ini maka akan terjalin hubungan komunikasi yang baik sehingga bisa menguntungkan kedua belah pihak yang melakukan komunikasi. Tanpa adanya public relation yang baik, organisasi tidak akan bisa bertahan lama atau bahkan tidak bisa berjalan dengan baik. oleh karena itu, public relation sangatlah penting dan benar benar harus diperhatikan.

Pendapat lain mengenai public relation

Pengertian untuk public relation ini sebenarnya ada banyak. Banyak sekali tokoh yang mengemukakan mengenai pengertian public relation dalam bentuk yang berbeda namun anda bisa mengambil pengertian umumnya dan juga pengertian khususnya.

Untuk pengertian umum dari public relation adalah sebuah interaksi yang dilakukan oleh dua pihak yang nantinya akan menciptakan keuntungan untuk kedua belah pihak yang bersangkutan. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari public relation ini seperti terciptanya keinginan dan harapan yang baik, rasa percaya antara satu dengan pihak yang lain, serta akan termotivasi untuk bisa ikut serta dalam hubungan masyarakat.

Pengertian public relation secara khusus adalah hubungan yang nantinya akan sangat membantu untuk membangun hubungan komunikasi, kerjasama, dan juga dukungan antara yang satu dengan yang lainnya.

Sebenarnya ada banyak sekali kelebihan yang bisa didapatkan ketika melakukan public relation. Hubungan yang terjalin secara baik dan terus menerus nantinya akan menimbulkan minat untuk melayani masyarakat dengan baik. Organisasi yang rutin melakukan public relation akan lebih mendapatkan simpati serta bisa bekerja sama dengan baik oleh masyarakat.

Tokoh tokoh yang mendefinisikan public relation

Ada banyak tokoh yang telah menyebutkan mengenai pengertian public relation. Beberapa diantaranya adalah John E. Marston dalam bukunya yang berjudul Modern Public Relation, 1979: “Public Relations is planned, persuasive coomunication designed to influence significant public”. Dari pengertian tersebut kita bisa mengetahui bahwa public relation adalah sebuah rencana, konmunikasi yang bersifat mengajak dan juga mempengaruhi masyarakat. Tokoh elanjutnya adalah Robert T. Relly (The Action of Public Relation, 1981) yang menyebutkan pengertian dari public relation sebagai berikut:“Public Relations Practice is the art and social science of analyzing trends, predicting their consequences, counseling organizations leaders, and implementing planned program of action which serve both the organization’s and the public interest.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: