Pengertian Puasa Dan Macam Puasa

Puasa merupakan salah satu ibadah yang wajib dijalankan oleh pemeluk agama Islam. Puasa termasuk ke dalam salah satu rukun Islam. Secara bahasa, pengertian puasa berasal dari bahasa Arab yaitu shaum. Makna puasa adalah menahan diri dari segala sesuatu. Jadi pada intinya pengertian puasa adalah menahan diri dari segala sesuatu perkara seperti makan, minum, menahan nafsu dan syahwat, dan lain-lain. Sedangkan secara istilah, puasa diartikan sebagai menahan diri dari segala perkara yang dapat membatalkan puasa dari mulai terbit fajar hingga terbenam matahari.

Perintah untuk menjalankan puasa ini dapat dilihat dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 183. Dalam ayat tersebut, Allah berfirman bahwa kita sebagai umat Islam diwajibkan untuk berpuasa. Puasa yang diperintahkan di sini adalah puasa di bulan Ramadhan yaitu puasa selama satu bulan penuh. Dengan berpuasa kita hendaknya dapat menahan hawa nafsu mulai dari menahan rasa lapar dan rasa haus.

Pengertian Puasa Bukan Sekedar Tahan Lapar dan Haus

Dengan memaknai pengertian puasa secara utuh kita dapat memahami bahwa ketika berpuasa hendaknya tidak hanya menahan hawa nafsu berupa menahan lapar dan haus saja akan tetapi juga menahan untuk berbuat hal-hal yang buruk. Hal ini dikarenakan percuma apabila kita berpuasa namun masih berbuat keburukan seperti gossip, berbohong, dan lain sebagainya. Jangan sampai ketika berpuasa kita hanya mendapatkan rasa lapar dan haus saja.

Selain puasa di Bulan Ramadan, terdapat pula puasa-puasa sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan agar mendapatkan keutamaan dari puasa tersebut. Diantarannya adalah puasa sunah senin-kamis. Hari senin dan kamis merupakan hari yang dianjurkan oleh Rasulullah untuk berpuasa. Hal ini dikarenakan pada hari senin merupakan hari kelahiran beliau dan pada hari kamis adalah waktu Al Quran turun untuk pertama kalinya. Selain itu pada hari senin dan kamis juga merupakan waktu dimana amal manusia diperiksa.

Selain puasa sunnah senin dan kamis, puasa sunnah lainnya adalah puasa pada awal bulan syawal. Puasa sunnah ini dilaksanakan selama 6 hari baik secara berturut-turut ataupun tidak. Keutamaan puasa Ramadan yang juga dilanjutkan dengan puasa pada awal bulan syawal adalah seperti orang yang berpuasa selama satu tahun. Puasa sunnah lainnya adalah puasa daud, yaitu dilakukan dengan sehari berpuasa dan sehari tidak. Demikianlah pembahasan artikel ini terkait pengertian puasa.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: