Pengertian Puasa Ramadhan Dan Syariatnya

Puasa adalah salah satu menahan hawa nafsu kita dari segala hal seperti makan, minum, nafsu sampai pada batas yang sudah ditetapkan. Pengertian puasa ramadhan adalah melakukan suatu amal ibadah yang dilakukan untuk menahan diri dari segala sesuatu yang bisa membatalkan puasa yang dilakukan di bulan suci Ramadhan. Kita melakukan puasa ramadhan ini setiap bulan ramadhan dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari dengan disertai niat karena Allah.

Syarat wajib puasa ramadhan

Setiap amal ibadah khususnya puasa ramadhan pastinya memiliki syarat tersendiri dalam menjalankannya. Syarat-syarat tersebut adalah beragama islam, baligh atau berumur 15 tahun keatas, berakal atau tidak dalam keadaan gila, dan mampu melaksanakan puasa. Dari kriteria puasa ramadhan tersebut pada kriteria terakhir memang ada beberapa orang yang dikecualikan karena mengingat kondisi.

Missal saja ibu hamil, penyandang penyakit kronis yang diharuskan untuk terus mengkonsumsi obat. Mereka tidak diwajibkan berpuasa tetapi ada syarat untuk membayar apabila sudah sembuh dari penyakit dan sudah melahirkan.

Kelebihan berpuasa di bulan Ramadhan

Sebagai seorang muslim pastinya sudah banyak yang mengetahui tentang kelebihan dari berpuasa di bulan suci ramadhan. Bulan yang penuh berkah ini bisa memberikan banyak sekali manfaat untuk kita. Kelebihan tersebut adalah bisa mendapatkan balasan surga Allah, orang yang berpuasa akan dikabulkan permintaannya, kemudian orang yang berpuasa akan mendapat peliharaan dari Allah dan yang terakhir adalah dijanjikan surga yang sangat indah tiada bandingannya di surga. Semua pengertian puasa ramadhan tersebut harus kita pahami dan jalani karena bisa mendapatkan syafaat-Nya.

Hukum puasa ramadhan

Dalam melakukan suatu puasa, kita haruslah tahu hukum yang puasa ramadhan sehingga mengerti apakah puasa tersebut diwajibkan atau tidak. Sama dengan pengertian puasa ramadhan yang memiliki hukum wajib, tetapi ada juga yang sunnah bagi yang berhalangan untuk berpuasa dengan syarat membayarnya setelah halangan tersebut selesai. Definisi dari hukum puasa ramadhan ini wajib dan harus dilaksanakan umat islam.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Puasa Ramadhan Dan Syariatnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: