Pengertian Psikologi Sebagai Ilmu dan Fungsinya

Pengertian psikologi adalah sebuah bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenal perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah. Para praktisi dalam bidang psikologi disebut psikolog. Psikolog berusaha mempelajari peran fungsi mental dalam perilaku individu maupun kelompok, selain itu juga mempelajari tentang proses fisiologis dan neurobiologis yang mendasari perilaku.

Psikologi berasal dari bahasa yunani psychology yang merupakan gabungan dari kata psyche berarti jiwa, dan logos yang berarti ilmu. secara harfiah pengertian psikologi sebagai ilmu jiwa.

Fungsi Psikologi Sebagai Ilmu

Sejak dulu memang sudah ada pemikiran tentang ilmu yang mempelajari manusia dalam kurun waktu bersamaan dengan adanya pemikiran tentang ilmu yang mempelajari alam, akan tetapi karena kerumitan dan kedinamisan manusia untuk dipahami, maka psikologi baru tercipta sebagai ilmu sejak 1800an. Psikologi sebagai ilmu memiliki fungsi yaitu :

1. Menjelaskan

Fungsi psikologi yang pertama yaitu, psikologi mampu menjelaskan apa, bagaimana, dan mengapa tingkah itu terjadi. Hasil penjelasan atau diskusi dalam bentuk deskripsi yang bersifat deskriptif.

2. Memprediksi

Psikologi mampu meramalkan atau memprediksi apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku itu terjadi. Hasil prediksi berupa prognosa, prediksi atau estimasi

3. Mengendalikan

Psikologi mampu mengendalikan perilaku seperti yang diharapkan. Perwujudannya berupa tindakan yang sifatnya preventif atau pencegahan, intervensi atau treatment serta rehabilitasi atau perawatan.

Dalam perkembangannya, ilmu psikologi dapat dikelompokkan dalam beberapa bidang yaitu :

  1. Psikologi perkembangan, pengertian psikologi ini adalah mempelajari tingkah laku yang terdapat pada tiap tahap perkembangan manusia sepanjang hidupnya.
  2. Psikologi pendidikan , yaitu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam situasi pendidikan.
  3. Psikologi sosial yaitu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam berhubungan dengan masyarakat sekitar.
  4. Psikologi Industri yaitu ilmu yang mempelajari tingkah laku yang muncul dalam dunia industri dan organisasi
  5. Psikologi Klinis yaitu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia yang sehat dan tidak sehat, normal, dan tidak normal dilihat dari aspek psikisnya.

Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: