Pengertian, Ciri-Ciri Serta Jenis Protista Yang Harus Diketahui

Pengertian protista secara umum adalah sebuah organisme eukariot pertama atau paling sederhana. Dimana protista sendiri merupakan organisme eukariot yang memiliki membran inti sel. Protista mempunyai 600.000 spesies yang saat ini suhda diketahui. Sebagian besar uniseluler dan ada pula yang multiseluler atau berkoloni.

Proitista ini ada yang dapat bergerak karena memiliki silia (rambut getar) atau flagela (bulu cambuk), namun adapula yang tidak memiliki alat gerak. Kita sangat mudah menemukannya, sebab hidup diberbagai habitat yang mengandung air, seperti air tanah, laut, tawar, sampah, tumpukan dedaunan, endapan lumpur, pasir dan juga batu. Lebih lengkapnya simak ulasan berikut ini.

Ciri-ciri umum protista

Dari pengertian protista, terlihat jelas bahwa protista mempunyai berbagai berbagai jenis dengan karakter yang berbeda, adapun ciri-ciri protista adalah sebagai berikut.

  1. Bermembran inti sel
  2. Umumnya bersel satu (uniseluler) tapi ada juga yang berkoloni atau multiseluler.
  3. Mudah ditemukan baik itu di tanah, air endapan lumpur, sampah dll.
  4. Hidup secara bebas atau hidup sebagai parasit.
  5. Berproduksi secara aseksual dan seksual.
  6. Dapat bergerak dengan flagela atau silia, tapi ada yang tidak memiliki alat gerak.

Jenis-jenis protista

Pengelompokan atau pembagian jenis-jenis protista ini berdasarkan hasil dari kemiripan ciri-ciri organisme lain dan cara memperoleh makanannya. Adapun jenisnya sebagai berikut.

1. Protozoa

Protozoa merupakan protista yang mirip hewan, dimana bersifat heterotrof yang memperoleh makanan dari organisme lain dengan cara menelan atau memasukkan makanan kedalam sel tubuhnya.

2. Alga atau ganggang

Protista ini mirip dengan tumbuhan sehingga dikenal dengan alga atau ganggang. Dimana jenis ini adalah protista fotoautotrof yang dapat membuat makanannya sendiri dengan cara fotosintesis.

3. Jamur protista

Protista mirip jamur merupakan protista heterotrof yang memperoleh makanan dari organisme lain dengan cara menguraikan atau menelan makanan.

Selesai sudah kupasan kita mengenai pengertian protista, ciri dan juga jenisnya. Tentu anda semakin paham akan protista ini bukan? semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda, terima kasih.

Cari Artikel di Sini


Pengertian, Ciri-Ciri Serta Jenis Protista Yang Harus Diketahui | Admin | 4.5
%d bloggers like this: