Pengertian Printer, Jenis dan Fungsi Utamanya

Secara umum, pengertian printer adalah sebuah perangkat elektromekanis yang digunakan untuk mengubah sebuah teks dan atau dokumen grafis yang berbentuk elektronik atau digital menjadi sebuah dokumen yang berbentuk fisik.

Dalam istilah lain, printer bisa didefinisikan sebagai mesin pencetak dimana penggunaannya adalah dengan menghubungkan printer ke laptop atau PC menggunakan kabel atau nirkabel sehingga bisa diterima input datanya lalu mencetaknya dengan kertas.

Baca juga : Pengertian RAM (Random Access Memory) Beserta Fungsinya

Printer sendiri saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung sehingga bisa mencetak berbagai bentuk dokumen, baik hitam putih ataupun berwarna dan dengan kualitas grafis yang rendah ataupun tinggi.

Fungsi Printer

Seperti dalam definisi printer sebagai mesin pencetak, printer secara umum memiliki fungsi untuk mencetak sebuah dokumen dari computer ke dalam kertas atau media sejenisnya.

Tak hanya untuk mencetak berbagai macam dokumen, printer juga bisa berfungsi untuk mencetak foto, banner dan juga spanduk, hingga stiker dan sablon.

Selain itu, printer juga bahkan bisa berfungsi ganda yang merangkap sebagai scanner. Biasanya printer yang sekaligus bisa melakukan scan ini ditempatkan di kantor-kantor yang memang memiliki kebutuhan yang tinggi terhadap pemindaian dokumen. Jadi, printer juga bisa berfungsi untuk mengubah dokumen berbentuk fisik menjadi dokumen berbentuk digital.

Jenis-Jenis Printer

Setelah mengetahui pengertian printer dan fungsinya, kali ini kita akan mengetahui jenis-jenisnya. Ada banyak sekali jenis printer yang saat ini sudah banyak digunakan di berbagai tempat. Jenis-jenis printer ini diantaranya adalah printer inkjet yang merupakan printer paling umum ditemui.

Baca juga : Pengertian Scanner Beserta Fungsi Dan Jenisnya, Lengkap

Kerja printer jenis ini adalah dengan menyemprotkan tinta pada kertas sehingga membentuk tulisan atau gambar. Kemudian ada juga jenis printer Laserjet. Seperti namanya, printer ini bekerja dengan menggunakan laser. Lalu ada jenis printer LED/LCD. Jenis printer ini hampir sama kerjanya dengan printer Laserjet, hanya saja printer ini menggunakan bantuan LED.

Selain itu, masih banyak jenis printer lainnya seperti printer Dot Matrix, printer Solid Ink, printer Dye Sublimation, printer Portabel, printer Plotter, printer Photo Digital, printer Id Card dan juga printer POS (Point Of Sale). Demikianlah ulasan mengenai pengertian printer, fungsi dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Printer, Jenis dan Fungsi Utamanya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: