Pengertian Prestasi dan Sikap yang Menunjang Prestasi

Pengertian prestasi – Prestasi yaitu sebuah hasil dari usaha yang telah dilakukan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, prestasi berarti hasil yang telah dicapai, dilaksanakan, dilakukan, dan lain sebagainya. Prestasi dicapai dengan ketekunan, jerih payah, usaha yang melibatkan mental, fisik, dan pengorbanan waktu maupun tenaga. Orang yang berprestasi mempunyai manajemen waktu yang baik, disiplin, dan tidak malas.

Contoh prestasi dalam bidang akademik diantaranya adalah menjadi juara kelas, juara lomba pidato, debat, cerdas cermat, dan lain sebagainya. Selain bidang akademik, prestasi juga dapat diraih dalam bidang olahraga, seperti bela diri, lari marathon, sepak bola, bulu tangkis, basket, tenis lapangan, tenis meja, dan lain sebagainya. Prestasi dalam bidang seni, contohnya adalah mendirikan sebuah galeri, menciptakan lukisan masterpiece, mengikuti lomba menyanyi, menciptakan lagu, atau banyak menciptakan karya-karya seni juga merupakan sebuah prestasi.

Sikap yang Dapat Menunjang Prestasi

Agar dapat berprestasi, kita harus memiliki sikap yang kreatif, bertanggung jawab, dan disiplin. Sebenarnya, ada banyak sikap positif yang harus kita lakukan supaya hidup kita menjadi lebih berkesan dan bermanfaat. Prestasi bukan hanya sebuah hasil yang dapat dilihat dengan kasat mata, tapi juga segala perilaku kita yang berguna bagi orang lain juga merupakan prestasi. Nah, lalu apa tips-tips supaya bisa berprestasi?

Sikap-sikap yang harus kita lakukan supaya bisa berprestasi diantaranya, memikirkan atau mengorientasikan pikiran kita ke masa depan, keberhasilan, dan cita-cita. Dengan begitu, pikiran kita lebih fokus dan hari ini mengusahakan segalanya supaya tercapai semua impian di masa depan. Sikap lainnya adalah harus bisa menerima kritik maupun saran dari orang lain, bisa memanajemen waktu dengan baik, dan memiliki emosi yang baik. Yang dimaksud memiliki emosi yang baik adalah bagaimana kedewasaan pikiran kita dalam menghadapi segala rintangan yang akan menuntun kita ke tujuan akhir. Bakat dan potensi yang ada pada diri kita juga bisa menjadi faktor keberhasilan. Itu pun juga tergantung bagaimana kita menyikapi apa yang sudah kita punya. Memiliki sikap yang bijaksana itu penting dalam menghadapi setiap kasus.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Prestasi dan Sikap yang Menunjang Prestasi | Admin | 4.5
%d bloggers like this: