Pengertian Presipitasi Dalam Hidrologi, Kimia, Dan Biologi

Pengertian presipitasi dalam hidrologi merupakan peristiwa atmosferik, yang terjadi ketika atmosfer menjadi jenuh, kemudian air terkondensasi dan keluar dari atmosfer yang merupakan suatu larutan gas raksasa. Definisi lebih mudahnya, yaitu peristiwa turunnya air dari atmosfer ke permukaan bumi dalam bentuk yang bermacam-macam, entah itu padat maupun cair. Suatu gas menjadi jenuh lewat dua proses, yaitu pendinginan dan penambahan uap air.

Presipitasi yang turun ke permukaan bumi mempunyai bentuk yang bermacam-macam, seperti hujan, hujan rintik, hujan beku, salju, sleet, dan hujan es. Namun, ada juga presipitasi yang sebelum mencapai permukaan bumi menguap lebih dulu, ini disebut virga. Presipitasi sangat penting karena merupakan sumber air tawar. Jumlahnya perlu diukur agar mendapatkan data curah hujan dan bisa digunakan untuk perencanaan hidrologis, seperti perencanaan pembangunan dam, bendung, dan lain sebagainya.

Pengertian Presipitasi dalam Kimia dan Biologi

Dalam ilmu Kimia, secara singkat presipitasi berarti pengendapan. Bisa juga diartikan sebagai peristiwa mengendapnya atau turunnya suatu kandungan / zat dalam larutan karena ada reaksi kimia. Peristiwa presipitasi ini dapat dipercepat dengan mengurangi kadar zat pelarut atau menambahkan agen presipitasi, seperti TCA. Hal ini dapat dimanfaatkan salah satunya untuk pengolahan limbah cair.

Selain itu, dengan metode presipitasi, air dengan kesadahan tinggi bisa dihilangkan atau diturunkan kesadahannya. Air sadah merupakan air dengan kandungan mineral yang tinggi seperti air yang berada di daerah batuan berkapur. Dengan presipitasi ini, air dapat dipisahkan dari kandungan mineralnya. Jadi, air sudah tidak sadah lagi.

Selain hidrologi dan kimia, istilah presipitasi juga ada dalam ilmu biologi. Dalam Biologi, presipitasi adalah proses pengendapan yang terjadi ketika suatu zat terpisah dari larutannya. Contoh dari presipitasi dalam biologi adalah presipitasi antibody, yang mana antibody mengendapkan berbagai molekul antigen berbentuk gumpalan yang tidak larut sehingga antigen tersebut bisa dicerna dan ditelan oleh sel-sel fagosit. Kira-kira itulah penjelasan singkat tentang pengertian presipitasi baik dilihat dari sudut pandang hidrologi, kimia, maupun biologi.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Presipitasi Dalam Hidrologi, Kimia, Dan Biologi | Admin | 4.5
%d bloggers like this: