Pengertian Pranata Sosial, Fungsi Dan Jenis-Jenisnya

Pengertian pranata sosial adalah sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat pada kegiatan sosial yang memenuhi kompleks khusus dalam kehidupan masyarakat. Jadi lebih singkatnya pranata sosial merupakan suatu kebutuhan sosial manusia.. Di dalam kehidupan bermasyarakat kita sangat membutuhkan pranata sosial itu sendiri. Yang memiliki peraturan dan pedoman yang harus ditaati. Pranata sosial sendiri bentuknya abstrak karena berbentuk suatu aturan didalam masyarakat.

Fungsi Pranata Sosial

Fungsi dari pranata sosial sendiri banyak sekali. Begitu bermanfaat bagi kehidupan bermasyarakat sehari-hari. Adanya pranata sosial ini akan membuat masyarakat tetap utuh. Selain itu bisa dijadikan pegangan masyarakat dalam kehidupan sosial. Menjadi sebuah sistem pengawasan bagi masyarakat ketika bertingkah laku di sosial. Sehingga meminimalisir timbulnya berbagai masalah yang membuat kerusakan di dalam masyarakat.

Jenis Pranata Sosial

Dengan mempelajari pengertian pranata sosial, kita tahu bahwa jenis dari pranata sosial itu sendiri sangat banyak sekali. Dibagi menjadi pranata keluarga yang mengatur sistem disebuah keluarga, pranata agama yang mengatur tuntunan hidup manusia di bidang agama yang dianut. Lalu ada pranata pendidikan yang melindungi manusia dari berbagai macam kesalahan berpendidikan. Membuat masyarakat lebih sadar akan pentingnya sebuah pendidikan.

Lalu ada pranata ekonomi yang mengatur kaidah berekonomi di masyarakat. Seperti masalah jual beli barang jasa. Terakhir ada pranata politik yang menjelaskan tentang tata tertib kepemimpinan di masyarakat. Dalam sebuah masyarakat memang dibutuhkan sebuah pemimpin, untuk membuat keberlangsungan hidup semakin bagus dan lancar. Bahkan di sebuah keluarga kecil pun harus memiliki sebuah pemimpin atau kepala keluarga.

Jadi dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak bisa terpisah dari yang namanya pranata sosial. Dengan adanya pranata sosial membuat hidup bermasyarakat menjadi lancar dan damai. Adanya aturan yang mengendalikan kehidupan. Ada tata tertib yang harus dipatuhi. Jika tidak ada pranata sosial membuat kehidupan sosial semakin berantakan. Itulah sedikit informasi tentang pengertian pranata sosial, semoga memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Pranata Sosial, Fungsi Dan Jenis-Jenisnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: