Pengertian Prakarya, Contoh Prakarya, dan Manfaatnya Bagi Anak

Pengertian prakarya – Prakarya berarti keterampilan, kerajinan tangan, dan hasta karya. Prakarya berasal dari kata pra yang berarti belum dan karya yang berarti hasil kerja. Jadi, bisa dibilang prakarya merupakan sebuah konsep kerajinan tangan atau proof of concept. Bisa juga dibilang kerangka dari kerajinan tangan atau hasil yang belum jadi atau belum mencapai hasil akhir. Karena karya adalah hasil akhirnya, maka prakarya adalah kerajinan tangan yang belum mencapai hasil sempurna dan oleh karena itu belum mempunyai target pemasaran.

Waktu di sekolah pasti sering disuruh guru untuk membuat prakarya. Prakarya ini merupakan hasil kerja sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat, seperti kertas karton, lem, benang, sedotan, dan lain sebagainya tergantung mau membuat apa. Prakarya ini merupakan karya dalam bentuk yang sederhana karena membuatnya pun sedikit lebih mudah. Untuk itulah istilah prakarya sering kita dengar waktu masih duduk di bangku sekolah karena memang biasanya dipakai untuk hasil karya anak sekolah.

Contoh Prakarya dan Manfaat Kegiatan Prakarya

Contoh prakarya yang biasanya dibuat oleh anak sekolah diantaranya adalah bunga dari sedotan, origami atau karya seni yang terbuat dari kertas, rumah-rumahan dari kertas karton, anyaman dari rotan, boneka dari benang, boneka dari sabun, boneka dari llin, dan lain sebagainya. Membuat prakarya akan menumbuhkan sifat inovatif dan kreatif anak. Selain itu juga bisa mencerdaskan anak dan meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Skill atau keterampilan yang dikembangkan sejak kecil akan berguna bagi masa depannya, karena keterampilan itu sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu untuk diri sendiri dan orang lain.

Kegiatan prakarya juga bisa menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri. Otak kiri yang lebih mengacu pada hal yang bersifat logis, akan bekerja dalam memikirkan bagaimana cara membuat dan langkah-langkahnya, sedangkan otak kanan lebih mengacu pada seni atau bagaimana agar terlihat indah. Jika otak kanan maupun otak kiri seimbang, kemampuan sang anak dalam bidang apapun akan meningkat dan lebih bisa mengatur emosi.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Prakarya, Contoh Prakarya, dan Manfaatnya Bagi Anak | Admin | 4.5
%d bloggers like this: