Pengertian Power Point, Fungsi, dan Kelebihannya Bagi Berbagai Pihak

Pengertian Power Point yaitu sebuah program dalam komputer yang digunakan untuk membuat presentasi yang dikembangkan oleh perusahaan Microsoft. Power Point banyak dipakai oleh para pelajar, mahasiswa, guru, dosen, maupun karyawan yang bekerja di kantor. Program ini dikembangkan pertama kali oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin. Power point pertama kali keluar tahun 1987 dengan nama PowerPoint 1.0. Produk dari Microsoft (Ms) tidak hanya Ms Power Point, tapi juga Microsoft Words, Ms Excel, Ms Access, dan program lainnya.

Dulunya, Power Point bukan lah milik perusahaan Mirosoft, melainkan Forethought, Inc. Kemudian, Microsoft mengakuisisi Forethought, Inc dan lahirlah program presentasi atau sebuah perangkat lunak yang disebut Microsoft Power Point. Tahun 1990, Power Point versi 2.0 dengan sistem operasi Microsoft Windows muncul di pasaran. MS Power Point dapat menyimpan presentasi dalam berbagai format, seperti .ppt (Power Point Presentation), .pps (Power Point Show), .pot (Power Point Template), dan .pptx (Power Point Presentation) dalam bentuk xml.

Fungsi dan Kelebihan Power Point

Power Point mempunyai manfaat yang sangat besar bagi para pendidik, peserta didik, mahasiswa, dosen, karyawan, dan berbagai pihak lain untuk menampilkan idenya dalam bentuk presentasi dengan cara yang menarik dan bisa ditambah berbagai fitur.

Ms Power Point mempunyai beberapa fungsi yaitu dapat memudahkan pekerjaan kita dalam membuat presentasi dalam bentuk slide, membuat presentasi kita menjadi lebih menarik karena dapat menambahkan audio, gambar, video, dan animasi, pergantian slide bisa diatur dengan timer maupun manual, dan presentasi bisa di share / dibagikan karena presentasi dalam bentuk soft copy.

Ms Power Point mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya mudah untuk dioperasikan, tersedia dengan berbagai template dan design yang menarik, dapat dibuat berbagai format, pergantian slide bisa diatur dengan timer maupun manual. Presentasi biasanya didukung dengan perangkat proyektor atau OHP (Over Head Projector) agar presentasi dapat ditampilkan kepada semua pihak secara lebih jelas dan menarik.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Power Point, Fungsi, dan Kelebihannya Bagi Berbagai Pihak | Admin | 4.5
%d bloggers like this: