Pengertian Planet, Ciri-Ciri Dan Macam-Macamnya

Secara umum, pengertian planet adalah benda-benda langit yang mengorbit atau mengelilingi bintang dengan suatu lintasan dan juga kecepatan tertentu.

Contohnya seperti bumi yang mengelilingi matahari. Planet ini merupakan bagian dari anggota tata surya yang memiliki ciri tertentu di mana planet yang mengelilingi matahari dalam satu putaran secara penuh bisa disebut dengan revolusi, sedangkan waktu untuk melakukan satu kali revolusi itu disebut dengan kala revolusi atau bisa juga disebut satu tahun planet.

Tak hanya melakukan revolusi, akan tetapi planet juga ada yang melakukan rotasi yaitu berputar pada porosnya. Dan karena planet bergerak mengitari matahari, maka pengertian dari planet juga bisa dijabarkan sebagai bintang yang berpindah dengan letak yang berubah-ubah. Planet juga tak dapat memancarkan cahaya, ia hanya memantulkan cahaya yang berasal dari matahari.

Ciri-Ciri Planet

Planet-planet yang berada dalam tata surya terbagi dalam 2 kelompok yaitu planet dalam dan planet luar. Planet dalam terdiri dari Merkurius, Bumi, Mars dan Venus. Planet dalam kelompok ini memiliki beberapa ciri yang bisa diketahui seperti memiliki permukaan padat, terbentuk dari batu dan logam, tidak memiliki cincin dan memiliki jumlah satelit yang sedikit. Sedangkan planet luar terdiri atas Saturnus, Neptunus, Yupiter dan juga Uranus yang memiliki ciri-ciri antara lain memiliki cincin serta atmosfer tebal, terbentuk dari hidrogen dan helium serta memiliki jumlah satelit yang banyak.

Macam-Macam Planet

Planet terdiri atas 8 macam planet. Yang pertama adalah Merkurius. pengertian planet Merkurius ini adalah planet terkecil dalam tata surya, namun beratnya hampir sama dengan bumi. Merkurius juga menjadi planet yang paling dekat letaknya dengan matahari. Kemudian ada planet Venus. Pengertian planet Venus sendiri adalah planet terpanas dalam tata surya dengan suhu yang mencapai 470° C lebih. Berikutnya adalah planet bumi yaitu planet yang dapat dihuni.

Selain itu ada planet Mars yang disebut juga planet merah karena permukaannya yang merah. Kemudian planet Yupiter. Pengertian planet ini adalah planet terbesar dalam tata surya dengan diameter 11 kali lipat dari bumi. Lalu planet Saturnus yang memiliki angin sangat kencang, Uranus yang letaknya sangat jauh dari matahari dan terakhir planet Neptunus yang merupakan yang sering keluar dari garis orbitnya. Sekian

Cari Artikel di Sini


Pengertian Planet, Ciri-Ciri Dan Macam-Macamnya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: