Pengertian Planet dan 2 Jenis Planet Beserta Ciri-Cirinya

Pengertian planet adalah benda langit yang mengelilingi atau mengorbit bintang dan memiliki kecepatan serta lintasan tertentu. Salah satu contoh yang sangat mudah untuk anda ketahui adalah planet bumi yang mengelilingi mata hari dengan kecepatan tertentu serta memiliki lintasan tertentu sehingga tidak terjadi tabrakan dengan benda langit lainnya. Waktu yang dibutuhkan oleh bumi untuk satu kali memutari matahari adalah satu tahun dan ini disebut sebagai revolusi bumi. Bumi kita juga berputar satu hari sehingga terjadi siang dan malam yang di sebut rotasi bumi.

Ciri-ciri dari planet harus anda ketahui setelah mengetahui pengertian dari planet.ada dua jenis planet yang bisa anda ketahui setelah anda mengetahui mengenai pengertian planet. Planet ada dua jenis yakni planet dalam dan juga planet luar. Kita akan membahas ciri dari planet dalam terlebih dahulu

Ciri dari planet dalam adalah:

  1. Planet memiliki permukaan yang padat
  2. Planet dibentuk oleh logam dan juga batu
  3. Planet ini tidak memiliki cincin
  4. Memiliki jumlah satelit yang lebih sedikit

Ciri dari planet luar:

  1. Memiliki cincin yang berupa atmosfer yang tebal
  2. Terbentuk oleh hidrogen dan helium
  3. Memiliki lebih banyak satelit dibandingkan dengan planet dalam

Ada beberapa planet yang perlu untuk diketahui oleh kita yakni seperti ,merkurius, bumi, mars, jupiter, saturnus, uranus, dan juga neptunus. Planet planet tersebut memiliki karakternya masing masing dan planet yang sangat cocok untuk dihuni oleh manusia adalah planet bumi. Ada beberapa kategori planet di dalam tatasurya. Kategori tersebut antara lain daratan, raksasa gas, raksasa es, dan planet katai.

Pengertian planet adalah dasar yang harus diketahui. Planet tidak seperti bintang yang bisa mengeluarkan cahaya. Planet hanya bisa memantulkan cahaya dari matahari dan bintang. Jika anda melihat benda angkasa dilangit yang sinarnya tidak berubah ubah atau tetap maka benda itu adalah planet.

Berbeda dengan bintang yang berkedip-kedip karena menghasilkan cahaya yang bisa berubah ubah. dahulu ada planet yang terjauh dari matahari yang disebut sebagai pluto namun setelah di teliti lagi ternyata pluto terdiri hanya dari batu dan es yang ukurannya sangat kecil dibandingkan dengan planet lain. Susunan dari komposisi pluto juga tidak teratur.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Planet dan 2 Jenis Planet Beserta Ciri-Cirinya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: