Pengertian Bahasa Pemrograman PHP dalam Ilmu Komputer

Pengertian PHP adalah bahasa pemrograman script server side yang didesain untuk pengembangan web. Dimana PHP ini merupakan singkatan dari Hypertext prepocessor yang digunakan sebagai script untuk memperindah tampilan website. Selain itu PHP juga digunakan bersamaan dengan bahasa pemrograman lainnya seperti bahasa pemrograman HTML dan java script.

Fungsi PHP

Setelah memahami mengenai pengertian PHP, selanjutnya akan dibahas mengenai fungsi PHP. Dimana PHP ini berfungsi sebagai pemersingkat script bahasa pemrograman. Disisi lain PHP ini juga digunakan dalam menginput data ke sistem database. Selain itu juga dapat difungsikan sebagai pelaksanaan manajemen cookie dan session dalam berbagai macam aplikasi dan menghasilkan gambar.

Cara menggunakan Fungsi PHP

Memanggil fungsi ataupun calling function dapat dilakukan dengan menulis nama dari fungsi tersebut kemudian diikuti dengan argumen. Dimana argumen ditulis dengan menggunakan tanda kurung, namun ketika jumlah argumen lebih dari satu maka diantara argumen-argumen tersebut dipisah dengan menggunakan tanda koma. Selanjutnya fungsi akan memberikan nilai hasil pemrosesan.

Dimana cara fungsi memberi nilai ini disebut juga sebagai return a value (mengembalikan nilai). Nilai yang dikembalikan oleh sebuah fungsi juga dapat ditampung ke dalam variabel ataupun langsung ditampilkan ke web browser.

Kelebihan PHP

Dibandingkan bahasa pemrograman lainnya PHP memiliki kelebihan lainnya. Hal itu terbukti dari adanya standart yang menjadikan PHP menjadi dasar bagi programmer web diseluruh dunia. Dimana market share penggunaan bahasa pemrograman server side untuk mayoritas website diseluruh dunia dipegang PHP dibandingkan bahasa pemrograman lainnya.

Salah satu kelebihan PHP adalah tidak melakukan kompilasi dalam penggunaannya. Selain itu PHP juga dapat mudah ditemukan mulai dari apache, IIS, Lightttpd hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.

Kelebihan lainnya dari PHP adalah pengembangan yang lebih mudah. Hal itu dikarenakan terdapat banyak milis-milis dan developer yang membantu dalam proses pengembangan. Selanjutnya, PHP sebagai bahasa open source dapat digunakan dalam berbagai mesin baik Linux, Windows, Unix/ Macitosh serta dapat dijalankan secara runtime melalui console. Demikianlah pembahasan pengertian PHP dalam dunia bahasa pemrograman, semoga bermanfaat.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Bahasa Pemrograman PHP dalam Ilmu Komputer | Admin | 4.5
%d bloggers like this: