Pengertian Peta (Maps), Syarat, Unsur dan Manfaatnya Dalam Kehidupan

Pengertian peta adalah gambaran permukaan bumi yang dibuat dengan menggunakan skala tertentu pada bidang datar. Tidak hanya itu definisi lain dari peta adalah lembaran seluruh atau sebagian permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala tertentu. Peta juga diartikan sebagai representasi dua dimensi dari suatu ruang tiga dimensi dengan menggunakan skala tertentu untuk memperkecil dari ukuran sebenarnya menjadi ukuran pada peta.

Syarat-Syarat Pada Peta

Setelah memahami pengertian peta, terdapat tiga syarat dalam pembuatan peta yang baik dan benar. Pertama, konform yaitu bentuk dari sebuah peta yang digambar harus sebangun dengan keadaan sebenarnya.

Kedua, ekuidistan dimana jarak dipeta jika dikalikan dengan skala yang telah ditentukan akan sesuai dengan jarak di lapangan. Dan yang terakhir adalah ekuivalen, yaitu daerah atau bidang yang digambar dipeta setelah dihitung dengan skalanya akan sama dengan keadaan yang ada di lapangan.

Unsur-unsur peta

Dalam membuat peta terdapat beberapa unsur yang harus ada dalam peta. Pertama, judul peta yang memberikan informasi yang digambarkan serta tempat data tersebut diambil. Kedua, Skala yaitu angka yang menunjukkan perbandingan jarak pada peta dengan jarak sebenarnya.

Ketiga, Arah mata angin yang akan memberikan informasi orientasi peta sehingga pembaca dengan mudah mengetahui arah tempat yang dipetakan. Keempat, legenda yang merupakan keterangan dari tanda yang terdapat pada peta, dengan maksud pembaca dapat memahami isi peta.

Kelima, simbol peta yaitu tanda yang digunakan untuk merepresentasikan kenampakan sebenarnya pada peta seperti kenampakan alami ataupun kenampakan buatan. Unsur peta yang terakhir adalah garis astronomi. Dimana garis astronomi adalah sebidang garis yang terdiri dari garis lintang dan bujur mewakili ukuran derajat sehingga mencerminkan letak absolut suatu tempat.

Manfaat peta

Dengan adanya keberadaan peta, tentunya akan mendatangkan manfaat tersendiri bagi penggunanya. Dimana peta dapat menggambarkan bentuk-bentuk dipermukaan bumi. Selain itu peta juga dapat menunjukkan posisi atau lokasi suatu tempat dipermukaan bumi. Peta juga dapat memperlihatkan ukuran dan arah suatu tempat dipermukaan bumi.

Tidak hanya itu peta juga dapat digunakan oleh peneliti sebelum melakukan survei untuk mengetahui kondisi suatu daerah. Disisi lain peta juga mampu menyajikan data tentang potensi alam suatu wilayah, dan juga bisa digunakan untuk mempelajari hubungan timbal balik antara fenomena-fenomena deografi dipermukaan bumi. Nah itulah penjelasan mengenai pengertian peta dan beberapa kelengkapannya. Semoga bermanfaat.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Peta (Maps), Syarat, Unsur dan Manfaatnya Dalam Kehidupan | Admin | 4.5
%d bloggers like this: