Pengertian Perusahaan Manufaktur Dan Fungsinya

Pengertian Perusahaan Manufaktur adalah suatu perusahaan yang melakukan pengelola bahan mentah untuk membuat suatu barang jadi dan dijual bagi konsumen. Perusahaan ini memiliki standar operasional yang harus dipatuhi oleh semua karyawan. Di indonesia sudah banyak sekali perusahaan manufaktur yang berdiri. Mengelola semua bahan mentah yang dibutuhkan dalam sebuah industri. Perusahaan ini berbeda dengan perusahaan jasa atau perusahaan yang mengelola produk yang sudah jadi. Sehingga mereka membuat dari bahan mentahnya langsung.

Karaktersitisk Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur harus memenuhi karakteristik yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Karakteristik tersebut diantaranya mengelola bahan baku atau bahan mentah untuk dibuat menjadi produk jadi. Perusahaanlah yang menyediakan bahan mentah untuk membuat sebuah produk. Selain itu konsumen tidak ikut campur dalam semua proses produksi dan perusahaan tersebut harus menghasilkan produk yang jadi atau memiliki wujud. Inilah yang membedakan perusahaan manufaktur dengan perusahaan jasa, kalau perusahaan jasa produknya tidak berwujud.

Fungsi Perusahaan Manufaktur

Setelah memahami pengertian perusahaan manufaktur, anda juga bisa memahami fungsi dari perusahaan manufaktur itu sendiri. Fungsinya memang banyak sekali. Ada fungsi produksi yang berarti perusahaan memproduksi barang jadi yang akan dijual pada konsumen. Tanpa adanya perusahaan manufaktur tentunya di pasaran tidak ada semua barang yang anda butuhkan. Perusahaan manufaktur juga berfungsi untuk pemasaran. Mereka tidak hanya memproduksi tetap juga memasarkan produk yang sudah dibuatnya. Sehingga memberikan keuntungan pada perusahaan.

Fungsi selanjutnya adalah fungsi administrasi dan fungsi keuangan. Ada banyak sekali contoh perusahaan manufaktur yang ada di indonesia. Ada perusahaan tekstil yang membuat kain, perusahaan garmen, kebutuhan rumah tangga, perusahaan otomotif, perusahaan elektronik, perusahaan kerajinan dan masih banyak lainnya. Perusahaan akan menghasilkan keuntungan dari produk yang sudah dibuatnya. Mereka membuat produk dari bahan mentah, sehingga melalui proses yang lebih panjang dibandingkan produk yang sudah jadi. Sekian artikel tentang pengertian perusahaan manufaktur. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Perusahaan Manufaktur Dan Fungsinya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: