Pengertian Perusahaan Dagang Secara Umum

Pengertian perusahaan dagang adalah perusahaan yang mempunyai kegiatan utama berupa membeli, menyimpan, dan juga menjual kembali barang dagangan tanpa memberikan nilai tambah terhadap barang yang dijualnya tersebut. Nilai tambah yang dimaksud disini dapat berupa mengolah atau mengubah bentuk maupun sifat dari barang sedemikian rupa sehingga mempunyai nilai jual yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Perusahaan dagang dalam operasionalnya memperoleh pendapatan, meskipun pendapatan yang didaat berasal dari transaksi jual beli barang. Perusahaan dagang mempunyai kegiatan utama berupa memperjualbelikan barang dagangannya baik itu berupa bahan baku, barang setengah jadi maupun barang jadi. Bisa juga barang yang diperdagangkan berupa barang hasil pertanian, perkebunan, hasil hutan, maupun hasil industri pengolahan.

JENIS PERUSAHAAN DAGANG

Perusahaan dagang dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu didasarkan atas produk yang diberdayakan dan berdasarkan macam konsumen yang terlibat. Berdasarkan produk yang diberdayakan, perusahaan dagang terbagi menjadi :

  1. Perusahaan dagang barang produksi, merupakan perusahaan yang memperdagangkan produk bahan baku atau raw material sebagai bahan dasar pembuatan produk atau alat produksi yang menghasilkan produk lain, misalnya kayu gelondongan.
  2. Perusahaan dagang barang jadi, merupakan perusahaan yang memperdagangkan produk akhir atau dalam bentuk akhir yang siap untuk dikonsumsi, misalnya buku, sepatu, dan masih banyak lagi.

Sedangkan berdasarkan macam konsumen yang terlibat, perusahaan dagang terbagi menjadi :

  1. Perusahaan dagang besar (wholesale), merupakan perusahaan yang secara langsung membeli produk dari pabrik dalam jumlah yang besar. Perusahaan kemudian menjual barangnya kepada pedagang lain dengan perantara bervolume penjualan cukup besar, misalnya grosir.
  2. Perusahaan dagang perantara (middleman), merupakan perusahaan yang membeli produk dalam partai besar untuk dijual kembali kepada pengecer dalam jumlah sedang, contohnya subgrosir.
  3. Perusahaan dagang pengecer (retailer), merupakan perusahaan yang berhubungan langsung dengan konsumen sehingga konsumen dapat membeli produk dengan cara mengecer, contohnya adalah warung-warung kecil.

CIRI-CIRI PERUSAHAAN DAGANG

Ciri-ciri dari sebuah perusahaan dagang antara lain :

  1. Produk yang diperjualbelikan berupa barang berwujud sehingga dapat ditangkap oleh indera.
  2. Tidak ada perubahan bentuk ataupun sifat dari produk yang diperdagangkan.
  3. Terdapat akun-akun khusus seperti harga pokok penjualan, persediaan barang dagang, dan potongan serta retur penjualan.
  4. Adanya perhitungan laba rugi yang berbeda dengan perusahaan jasa karena adanya akun-akun khusus yang telah disebutkan diatas.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: