Pengertian Persuasif dan Ciri-Cirinya

Pengertian persuasif artinya bersifat membujuk secara halus supaya seseorang atau yang dibujuk menjadi yakin. Persuasif dapat kita temukan dimana saja, baik itu dalam bentuk lisan, tulisan, dan juga visual. Dalam bentuk lisan, persuasif dapat dilihat dari sebuah pidato persuasif yang sifatnya membujuk atau mempengaruhi seseorang atau sekelompok orang.

Sedangkan dalam bentuk tulisan, persuasif dapat ditemui dalam sebuah paragraf persuasif yang juga mempunyai tujuan membujuk atau mempengaruhi sehingga yang dibujuk menjadi yakin. Begitu juga dengan visual, terdapat visualisasi persuasif yang mempunyai tujuan membujuk dan membuat yakin individu atau sekelompok orang yang menjadi sasaran atau target.

Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai kalimat persuasi, yaitu sebuah kalimat yang bertujuan untuk meyakinkan ataupun membujuk orang lain agar orang tersebut dapat mengikuti dan bahkan membeli suatu produk yang diiklankan.

Kalimat persuasif ini pada dasarnya hampir sama dengan slogan. Hanya saja, jika dalam slogan terdapat 4 sampai 5 kata yang menarik, sedangkan dalam kalimat persuasif yang bebas terdiri dari beberapa suku kata dengan tidak menghilangkan unsur menarik dan mengajak serta mengikuti perkembangan jaman.

CIRI-CIRI KALIMAT PERSUASI

Kalimat persuasi yang mampu menarik minat orang lain diantaranya mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Kalimatnya bersifat mengajak.
  2. Karena hampir sama dengan kalimat perintah, maka kalimat persuasi menggunakan tanda seru.
  3. Kelimat persuasi biasanya digunakan dalam iklan, slogan, himbauan, dan lain sebagainya yang sifatnya mengajak atau membujuk.
  4. Kalimat persuasi sering menggunakan kata-kata persuasif atau kata-kata yang mengajak, seperti contohnya Ayo, Marilah, dan lain sebagainya.

HUBUNGAN PERSUASIF DENGAN KALIMAT PERSUASI

Dalam sebuah kalimat persuasi, tentunya berisikan sebuah ajakan, himbauan, anjuran yang sifatnya mengajak atau membujuk yang ditujukan bagi sekelompok orang atau orang-orang tertentu.

Dalam sebuah kalimat persuasi, tentunya dibutuhkan kata-kata yang mempunyai sifat persuasif karena tujuan utama dari adanya kalimat persuasi tersebut adalah agar target yang diberi kalimat persuasi dapat terbujuk dan tertarik mengikuti apa yang ingin disampaikan oleh si pembuat kalimat. Kalimat persuasi menjadi berhasil jika target dan tujuan yang ditetapkan telah tercapai dan menjadi terbujuk.

Demikianlah tadi pembahasan singkat mengenai persuasif dalam kalimat persuasi yang dapat kami sampaikan. Semoga isi dari artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda khususnya terkait dengan kalimat persuasi. Terimakasih.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: