Pengertian Persuasi dan Ciri-Ciri Umumnya

Pengertian persuasi adalah suatu ajakan untuk membujuk pembaca atau pendengarnya tergantung dengan apa orang melakukan persuasi. Jika ada kalimat yang merupakan kalimat ajakan maka kalimat tersebut di sebut sebagai kalimat persuasi ada juga paragraf persuasi yang dalam sebuah paragraf berisi sebuah ajakan. Ada juga ajakan langsung dengan ucapan maka persuasi bukan untuk pembaca namun bagi pendengarnya.

Tujuan dari persuasi adalah untuk mempengaruhi atau mengajak pembaca melakukan dan pempercayai apa yang di sampaikan. Ada beberapa kata yang bisa mengindikasikan bahwa suatu ujaran mengandung ajakan yakni seperti, ayo, mari, cobalah, lakukanlah dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ada beberapa ciri dari paragraf persuasi yang harus diketahui setelah mengetahui pengertian persuasi. Dalam suatu paragraf yang bisa dilihat dalam bentuk tulisan anda bisa melihat beberapa ciri yakni seperti:

  1. Memiliki alasan dan juga fakta fakta saat mengajak seseorang pembaca atau pendengar
  2. Terdapat kata atau kalimat yang berusaha untuk meyakinkan pembaca
  3. Kalimat atau ujaran yang di sampaikan sangat menghindari konflik dengan pendengar agar tujuan dalam mengajak bisa tercapai

Berikut adalah beberapa contoh dari kalimat atau ujaran yang berupa persuasi yang bisa anda ketahui setelah pengertian paragraf persuasi:

Menggunakan pupuk memang menjadi hal yang sangat penting bagi para petani karena pupuk memiliki peran yang sangat besar dalam perkembangan pertanian. Ada banyak jenis pupuk yang bisa digunakan seperti pupuk alami dan juga kimia. Ketika anda menggunakan upuk kimia tentu akan ada efek buruk yang bisa ditimbulkan. Maka dari itu, coba beralihlah ke pupuk organik atau pupuk alami yang terbukti aman, efektif dan tidak menimbulkan efek buruk pada tanaman dan konsumen.

Paragraf tersebut mengandung ajakan untuk pindah kepupuk organic dan telah di berikan fakta dan juga alasan alasan yang sangat baik. Anda tentu sudah paham mengenai pengertian kalimat persuasi.

Beberapa jenis dari kalimat persuasi:

  1. Persuasi politik
  2. Persuasi pendidikan
  3. Persuasi advertensi
  4. Persuasi propaganda

Beberapa jenis dari kalimat persuasi tersebut bisa anda analisis sendiri. Pengertian persuasi yang dalam pengertian sederhana perupa ajakan akan memudahkan anda menganalisis jenis dari persuasi. Jika kalimat ajakan di gunakan dalam dunia politik maka bisa disebut sebagai persuasi politik. Anda bisa melihat konteks untuk bisa menganalisis dengan lebih mudah.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: