Pengertian Persepsi dan Jenis-Jenis Persepsi

Pengertian persepsi yaitu tindakan menyusun, mengenali, menafsirkan informasi sensoris untuk memberikan gambaran dan pemahaman tentang lingkungan. Menurut Bimo Walgito, persepsi berarti suatu proses yang didahului oleh penginderaan atau disebut juga proses sensoris. Menurut Robbins, persepsi berhubungan dengan kesan yang diperoleh oleh individu melalui panca indera yang kemudian diinterpretasikan yang kemudian terkesan makna.

Masih ada pengertian lain menurut kamus besar psikologi tentang persepsi, yaitu proses pengamatan seseorang terhadap lingkungan sekitar dengan menggunakan panca inderanya sehingga menjadi sadar dengan segala sesuatu di lingkungannya. Persepsi ini bersifat subjektif, tergantung sudut pandang masing-masing individu dalam melihat. Karena bersifat subjektif inilah, persepsi tiap orang berbeda tergantung penafsirannya terhadap sesuatu. Persepsi yang dihasilkan seseorang menunjukkan karakter dirinya.

Jenis-Jenis Persepsi

Persepsi berhubungan erat dengan kelima indera kita. Oleh karena itu, persepsi dibedakan berdasarkan jenis indera yang bekerja, seperti visual, auditori, perabaan, penciuman, pengecapan, dan selektif. Persepsi visual diperoleh dari indera penglihatan atau mata.

Contohnya ketika kita melihat handphone tipe baru. Kita bisa membuat persepsi berdasarkan apa yang kita lihat, entah warna, bentuk, maupun motif. Dari situ, orang bisa menjelaskan bagus tidaknya sebuah hp dari persepsi visual. Jenis yang kedua, persepsi auditori. Persepsi auditori diperoleh dari pendengaran atau telinga. Masih mengambil contoh hp, ketika kita mendengar mp3 dengan hp, persepsi auditori pun diperoleh, entah itu suaranya nyaring, jernih atau tidak, tergantung persepsi auditori masing-masing orang.

Jenis persepsi yang ketiga, yaitu persepsi perabaan yang diperoleh dari indera peraba atau kulit. Persepsi yang keempat yaitu penciuman, merupakan persepsi yang diperoleh dari indera penciuman atau hidung. Kelima, persepsi pengecapan yang merupakan persepsi yang didapat dari indera pengecap atau lidah. Terakhir, persepsi selektif yaitu menafsirkan secara selektif tentang apa yang dilihat berdasarkan latar belakang, minat, pengalaman, dan sikap. Jadi, persepsi selektif ini bisa dibilang paduan dari kelima indera yang ditambah dengan hal-hal lain yang mempengaruhi persepsi seperti pengalaman, sikap, minat, maupun latar belakang.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Persepsi dan Jenis-Jenis Persepsi | Admin | 4.5
%d bloggers like this: