Pengertian Permintaan dan Faktor yang Mempengaruhi Permintaan

Pengertian permintaan dalam ilmu ekonomi adalah sejumlah barang atau jasa yang diminta, dibeli, atau dipesan oleh konsumen dalam satu waktu dengan harga tertentu. Menurut Gilarso, permintaan (demand) menunjuk pada suatu hubungan tertentu antara jumlah suatu barang yang diminta / dibeli / dipesan dengan harga barang tersebut. Mirip dengan pendapat Gilarso, Sadono Sukirno menyatakan bahwa permintaan menunjuk pada hubungan permintaan dan harga barang. Lalu menurut Adiwarman A. Karim, faktor harga komoditas merupakan variable dependen yang akan menentukan jumlah komoditas yang bersangkutan yang diminta oleh konsumen.

Istilah permintaan berkaitan erat dengan penawaran. Ada permintaan pasti ada penawaran. Permintaan ini merupakan kebalikan dari penawaran. Dua-duanya mempunyai hubungan yang tak dapat dipisahkan dalam jual beli. Kuantitas yang diminta konsumen atau kebutuhan masyarakat pada barang atau jasa tertentu akan mempengaruhi harga jual yang ditawarkan penjual. Ada beberapa hal yang mempengaruhi permintaan barang atau jasa. Faktor yang mempengaruhi permintaan ini wajib diketahui oleh para pebisnis atau orang-orang yang bekerja di dunia pemasaran. Berikut penjelasannya.

Faktor yang Mempengaruhi Permintaan

Permintaan suatu barang dan jasa dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti harga barang itu sendiri, tingkat pendapatan, selera konsumen, harga barang lain yang berkaitan, dan perkiraan / ekspektasi harga di masa depan. Jika harga barang atau jasa naik, maka permintaan akan menurun atau berkurang. Begitu pula sebaliknya, jika harga barang atau jasa turun, maka permintaan akan naik atau bertambah. Jadi, permintaan berbanding terbalik dengan harga barang atau jasa.

Orang-orang yang telah mendengar perkiraan harga yang naik pada tanggal tertentu di masa depan, biasanya akan meminta barang dengan jumlah yang besar sebelum mengalami kenaikan. Hal ini sering terlihat pada masyarakat yang menimbun bahan bakar (biasanya bensin) dalam jumlah besar ketika diperkirakan harga akan naik. Masyarakat tidak mau dirugikan dengan keadaan ekonomi negara yang sedang memburuk. Selera konsumen, harga barang lain yang berkaitan, dan tingkat pendapatan juga mempengaruhi permintaan barang atau jasa.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Permintaan dan Faktor yang Mempengaruhi Permintaan | Admin | 4.5
%d bloggers like this: