Pengertian Bola Voli, Peraturan dan Teknik Umumnya

Permainan bola voli adalah salah satu cabang olahraga yang populer di Indonesia yang membutuhkan kelincahan pemain serta kerjasama tim yang baik. Setiap pemain tentu akan melakukan suatu gerakan yang berujung pada serangan (smash) dan bertahan menghadapi serangan balik dari lawan. Dalam permainan bola voli, kesigapan dan kelincahan pemain sangat dibutuhkan agar membentuk sebuah tim bola voli yang tangguh.

PERATURAN PERMAIAN BOLA VOLI

Terdapat beberapa aturan dasar dalam permainan bola voli yang ditetapkan oleh FIVB dan PBVSI, diantaranya berkaitan dengan :

1. Ukuran lapangan Bola Voli

Menurut FIVB, ukuran lapangan bola voli sebesar 9 x 18 meter dengan garis batas serang pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah. Untuk garis tepi lapangan haruslah berukuran 5 cm.

2. Ukuran Bola dalam Permainan  Bola Voli

Bola yang digunakan harus memenuhi kriteria berbentuk bulat, terbuat dari kulit lunak ataupun bahan sintetis lainnya, memiliki diameter 65-67 cm dengan massa sekitar 260-280 gram, serta harus memiliki kombinasi warna.

3. Jumlah Pemain dalam Satu Tim pada Permainan Bola Voli

Pemaian bola voli terdiri dari dua regu yang masing-masing beranggotakan 6 orang pemain termasuk libero. Libero merupakan pemaian yang keluar masuk namun tidak punyai hak melakukan smash terhadap bola hingga ke seberang net.

4. Pakaian Atlit  Bola Voli

Setiap pemain harus menggunakan atribut berupa baju, kaos, atau jersey dengan nomor punggung atau nomor dada lengkap dengan celana pendek yang terdapat nomor serupa di bagian paha kanan, ditambah dengan kaos kaki dan sepatu.

5. Penilaian dalam Permainan  Bola Voli

Penilaian pada olahraga ini ditentukan menajdi dua kriteria, yaitu kesalahan reli dan kemenangan setiap set. Kedua kriteria tersebut mempunyai ciri masing-masing yang hanya dapat dipahami oleh mereka yang telah terlebih dulu mendapatkan edukasi penilaian permainan bola voli.

TEKNIK PERMAINAN BOLA VOLI

Terdapat beberapa teknik permaian bola voli yang dikenal oleh para atlit dan pelatihnya, seperti teknik servis atas, teknik mengumpan bola, teknik memukul bola dengan keras (smash), dan teknik membendung bola (blocking). Kesemua teknik tersebut dipakai dalam bermain bola voli guna menghasilkan permainan bola voli yang berkualitas dan mengantarkan tim menuju ke posisi peringkat teratas.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: