Pengertian Peribahasa Sebagai Ungkapan Yang Bermakna Luas

Pengertian peribahasa adalah kelompok kata atau juga kalimat yang digunakan untuk mengungkapkan tentang segala sesuatu mengenai diri seseorang. Peribahasa menggunakan bahasa ungkapan atau bahasa kias, yaitu bahasa yang tidak mengandung maksud yang sebenarnya. Namun meskipun demikian, peribahasa memiliki susunan kata atau kalimat yang tidak berubah, sehingga mudah dipahami oleh yang mengucapkan, dan mendengarkan ataupun membacanya. Peribahasa sangat erat dengan unsur budaya yang berkembang di masyarakat tersebut. Unsur budaya tersebut adalah mencakup tentang peraturan-peraturan, nilai-nilai budaya atau juga tentang norma-norma kehidupan.

Macam-macam peribahasa

Pengertian peribahasa juga dapat dikatakan sebagai ungkapan yang tersirat dalam kelompok kata atau kalimat yang berfungsi untuk menyindir suatu keadaan ataupun berfungsi sebagai memperindah bahasa. Dalam dunia sastra terdapat 2 macam peribahasa. Macam-macam peribahasa tersebut adalah peribahasa yang baik atau mengandung makna yang bijak dan peribahasa yang mempunyai makna simbolis.

Peribahasa yang mengandung makna yang baik atau juga lugas merupakan peribahasa yang biasanya terdapat dalam kata indah sebuah puisi ataupun mengandung sebuah maksud yang sangat baik atau bijak untuk mematahkan ucapan seseorang.

Peribahasa ini terbagi menjadi dua yaitu bidal / pameo sebagai peribahasa yang berirama dan memiliki rima yang bagus sehingga sering dipakai dalam puisi, dan pepatah yang biasanya mengandung makna yang cukup bijak untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan peribahasa bermakna simbolis merupakan peribahasa yang dalam memberikan makna digunakan kata-kata simbolis, biasanya diambil dari membandingkan dengan alam di sekelilingnya. Yang termasuk dalam peribahasa ini adalah perumpamaan.

Ciri-ciri peribahasa

Pengertian peribahasa sebagai ungkapan dalam kelompok kata atau kalimat yang membentuk suatu pengertian tertentu seperti pepatah, nasehat, perumpamaan, sindiran, perbandingan, dan mengandung kata bijak memiliki ciri-ciri yang tidak dimiliki oleh kelompok kata yang lain. Adapun ciri-ciri peribahasa tersebut yaitu susunan katanya selalu tetap, tidak dapat dirubah, kata-katanya terdengar indah teratur sehingga enak didengar, dan biasanya peribahasa tersebut telah banyak dikenal oleh masyarakat umum karena telah berkembang secara turun-temurun.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: