Pengertian Perangkat Lunak (Software), Fungsi dan Jenisnya

Pengertian perangkat lunak atau biasa disebut software adalah sekumpulan data elektronik yang sengaja disimpan dan diatur oleh komputer berupa program ataupun instruksi yang akan menjalankan sebuah perintah. Perangkat lunak atau software disebut juga sebagai penerjemah perintah-perintah yang dijalankan oleh user untuk diteruskan dan diproses oleh perangkat keras (hardware). Dengan adanya perangkat lunak inilah sebuah komputer mampu menjalankan perintah.

FUNGSI PERANGKAT LUNAK

Ada beberapa fungsi perangkat lunak, yaitu :

  1. Sebagai pemroses data ataupun perintah dan juga instruksi sehingga memperoleh hasil yang diinginkan ataupun menjalankan sebuah perintah.
  2. Sebagai sarana interaksi yang menghubungkan user dengan sebuah perangkat keras (hardware).

GOLONGAN PERANGKAT LUNAK

Sebuah perangkat lunak, pada umumnya terbagi menjadi tiga golongan, yaitu :

1. Sistem Operasi (Operating System/OS)

Perangkat lunak mempunyai banyak fungsi baik itu untuk mengatur semua hardware yang terhubung dengan CPU, menerjemahkan aktivitas user kepada CPU agar perintah user dapat dikerjakan oleh komputer, dan juga mengatur semua proses yang terjadi dalam CPU.

2. Bahasa Pemrograman (Programming Language)

Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah program. Ada banyak sekali macam bahasa pemograman, seperti bahasa C, C++, Visual Basic, Pascal, Borland, HTML, PHP, JAVA, dan lain-lain. pembuatan bahasa pemrograman ini juga memerlukan bantuan perangkat lunak yang khusus digunakan untuk merancang program sesuai dengan struktur dan metode yang dimiliki sebuah bahasa pemrograman.

3. Program Aplikasi

Perangkat lunak ini mempunyai fungsi khusus yang disesuaikan dengan tujuan pembuatannya. Program aplikasi ini merupakan perangkat lunak yang banyak digunakan untuk membantu menyelesaikan tugas tertentu, contohnya microsoft word, excel, winamp, calculator, dan masih banyak lagi.

JENIS PERANGKAT LUNAK

Menurut jenisnya, perangkat lunak terbagi menjadi :

  1. Commercial Software (Perangkat Lunak Berbayar), contohnya adobe photoshop dan corel draw.
  2. Freeware (Perangkat Lunak Gratis), contohnya mozilla firefox dan chrome.
  3. Shareware, yaitu perangkat lunak uji coba dalam jangka waktu tertentu, contohnya aplikasi yang menyediakan free trial.
  4. Firmware, yaitu perangkat lunak yang berkaitan langsung dengan Memory Read Only.
  5. Free Software, yaitu perangkat lunak yang disebarkan secara bebas dan gratis oleh para penciptanya.
  6. Open Source Software, yaitu perangkat lunak yang kode sumbernya dapat dibuka dan dimodifikasi serta dikembangkan oleh sebuah komunitas tertentu yang sudah expert.
  7. Malware, yaitu perangkat lunak perusak sistem komputer yang terdiri dari virus, trojan horse, rootkit, cacing, spyware, adware, crimeware, dan perangkat lunak lain yang sifatnya jahat.

Cari Artikel di Sini



Leave a Reply

*

%d bloggers like this: