Pengertian Penjualan Dan Perannya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pengertian penjualan adalah aktivitas usaha atau sebuah bisnis yang mana menyediakan dan menjual barang atau jasa. Orang atau lembaga yang berperan dalam kegiatan menjual barang atau jasa dinamakan penjual. Dalam kehidupan sehari-hari kita tidak asing dengan jual beli, di mana melibatkan penjual yang melakukan penjualan dan pembeli yang sebagai pembeli terhadap barang atau jasa yang dijual oleh si penjual tersebut. Barang-barang atau jasa dalam penjualan akan dijual dengan menggunakan nilai dan harga tertentu.

Macam-macam penjualan

Dalam kehidupan sehari hari, penjualan dibedakan menjadi 2 yaitu penjualan secara langsung dan penjualan secara tak langsung. Penjualan secara langsung adalah kegiatan menjual barang atau jasa yang melibatkan penjual dan pembeli atau konsumen dan kedua pihak tersebut berhadapan langsung di tempat dan waktu yang telah disepakati bersama. Dalam penjualan langsung, maka si penjual akan mempromosikan barang atau jasa tanpa bantuan pihak lain, jadi semuanya ditangani sendiri oleh si penjual.

Berbeda halnya dengan penjualan langsung yang mana penjual sendiri yang mempengaruhi konsumen untuk tertarik membeli produknya, maka penjualan secara tidak langsung merupakan kegiatan menjual barang atau jasa yang melalui media perantara yang bersifat untuk mempromosikan barang atau jasa tersebut kepada para pembeli atau konsumen sehingga mereka terpengaruh untuk membelinya.

Media yang digunakan tersebut biasanya melalui iklan, katalog atau online via internet. Dari hal tersebut, maka dapat juga ditarik sebuah pengertian penjualan yaitu kegiatan yang menjual barang atau jasa kepada pembeli baik dilakukan sendiri oleh si penjual ataupun melalui media perantara.

Peran penjualan dalam kehidupan sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari, pengertian penjualan secara umum adalah menjual barang atau jasa yang melibatkan penjual dan pembeli. Sehingga penjualan sangat berperan penting dalam siklus perekonomian. Adapun peran penjualan bagi perekonomian suatu negara adalah memperlancar peredaran mata uang, menyalurkan hasil produk berupa barang atau jasa dari produsen ke konsumen, memenuhi kebutuhan konsumen yang berarti membantu negara dalam memenuhi kebutuhan hidup masyarakatnya.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: