Pengertian Pengetahuan Dan Manfaatnya

Pengertian pengetahuan adalah segala apa yang kita ketahui dan merupakan suatu yang baru terhadap suatu obyek tertentu dengan pengamatan akal dan pikiran. Pengamatan terjadi melalui panca indra yaitu indra penglihatan adalah mata, indra pendengaran atau telinga, indra penciuman yaitu hidung, indra peraba yaitu kulit dan indra pengecap atau lidah.

Oleh karena itu pengetahuan juga berarti sebuah hasil dari proses pengamatan panca indra manusia yang kemudian mendasari manusia untuk mengingat dan menerapkannya dalam kehidupan.

Sebagai contoh orang yang belum pernah mengendarai sepeda motor, kemudian orang tersebut melihat sepeda motor, kemudian tertarik untuk dapat mengendarai, dan orang tersebut belajar tentang otomotif motor, sehingga orang tersebut memiliki pengetahuan tentang motor.

Jenis-jenis pengetahuan

Jenis-jenis pengetahuan menurut Soejono Soemargono dapat dibedakan menjadi dua yaitu pengetahuan berdasar ilmiah dan pengetahuan berdasar non ilmiah.

Pengertian pengetahuan berdasar ilmiah adalah segenap apa yang diperoleh atau diketahui mengenai segala sesuatu yang ada di alam dengan menggunakan metode ilmiah sehingga ada hasil bukti yang bisa dipahami. Sedang pengetahuan non ilmiah adalah segenap suatu yang merupakan hasil pemahaman terhadap suatu obyek yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Selain pengetahuan menurut Soejono Soemargono, pengetahuan juga dapat dibagi menjadi pengetahuan langsung dan pengetahuan tidak langsung.

Pengetahuan langsung adalah segala hal yang ada atau hadir dalam jiwa tanpa melalui penafsiran dan pikiran. Misalnya tentang benda benda yang ada di sekitar tempat tinggal. Pengetahuan tidak langsung adalah pengetahuan yang berdasarkan pada pemahaman tentang apa yang pernah terjadi sebelumnya.

Manfaat dari memiliki Pengetahuan

Pengertian pengetahuan secara umum adalah sesuatu hal yang baru kita ketahui dengan berdasarkan oleh sebuah pemahaman. Banyak sekali manfaat dari memiliki pengetahuan yang kita dapatkan diantaranya bagi diri kita sendiri, kita menjadi tahu perbedaan kebenaran dan kesalahan, menjadi bisa membedakan obyek yang satu dengan obyek yang lain,dan dapat memahami suatu permasalahan serta berusaha untuk menganalisa dan mencari pemecahan dalam kehidupan sehari hari.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: