Pengertian Demokrasi Menurut Abraham Lincoln Dan Bentuk Demokrasinya

Demokrasi, yang secara sederhana berarti pemerintahan berada di tangan rakyat ternyata memiliki beragam pengertian dari banyak ahli. Salah satunya berasal dari Abraham Lincoln. Selain pengertian demokrasi menurut Abraham Lincoln, artikel ini juga akan membahas mengenai bentuk-bentuk demokrasi dan awal mula dari demokrasi. Simak ulasan berikut ini.

Pengertian demokrasi menurut Abraham Lincoln

Presiden Amerika Serikat ke-16 yaitu Abraham Lincoln menuturkan bahwa pengertian demokrasi menurut Abraham Lincoln adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat atau from people, for people dan by people. Artinya dari pengertian demokrasi menurut Abraham Lincoln ini adalah suatu pemerintahan dalam suatu negara dipegang oleh seluruh rakyat. Rakyatlah yang memerintah melalui wakil-wakil rakyat dan kemauan rakyat yang harus dituruti. Itulah maka disebut dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.

Jika dibandingkan dengan Abraham Lincoln, kamus besar bahasa indonesia juga memiliki pengertian demokrasinya sendiri. yaitu sistem atau bentuk pemerintahan yang mana seluruh rakyat ikut serta atau terlibat dalam roda-roda pemerintahan melalui wakil-wakil rakyat yang dipilih langsung juga oleh rakyat.

Pengertian demokrasi menurut Abraham Lincoln, asal mula demokrasi

Pada abad ke 5SM, yaitu pada Yunani kuno masih berkuasa. Yunani masih terbagi dalam beberapa polis atau negara kota, yang salah satunya adalah Athena. Asas demokrasi dijunjung tinggi dan diimplementasikan langsung yaitu dengan cara rakyat secara bersama-sama melakukan musyawarah di satu rapat besar untuk mengambil keputusan secara mufakat.

Di kota Athena ini memang sangat mudah untuk melakukan praktik demokrasi yang melibatkan seluruh rakyat dalam mengambil sebuah keputusan, karena luas wilayah yang sempit dan penduduknya yang sedikit.

Setelah mengerti pengertian demokrasi menurut Abraham Lincoln, maka demokrasi bisa dilihat dari bentuk partisipasi rakyatnya, yaitu:

  1. Demokrasi langsung, bentuk pemerintahan dimana pembuatan keputusan publik dilakukan secara langsung oleh rakyat selaku warga negara.
  2. Demokrasi tidak langsung, bentuk pemerintahan dimana pembuatan keputusan publik dilakukan oleh sebagian kecil orang yang dipilih oleh rakyat melalui pemilu. Atau dilakukan oleh wakil rakyat.

Sekarang Anda sudah mengerti kan pengertian demokrasi menurut Abraham Lincoln, bahkan sudah mengetahui bentuk demokrasi berdasarkan bentuk partisipasi rakyat.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Demokrasi Menurut Abraham Lincoln Dan Bentuk Demokrasinya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: