Pengertian Pendidikan dan Tujuannya Berdasarkan Undang Undang

Pengertian Pendidikan dan Tujuannya

Pengertian pendidikan adalah sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar serta proses pembelajaran untuk peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya agar memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kecerdasan, kepribadian, akhlak mulia serta ketrampilan yang diperlukan oleh diri sendiri dan masyarakat.

Pendidikan itu sendiri dapat diartikan sebagai usaha sadar dan sistematis untuk mencapai taraf hidup maupun untuk kemajuan lebih baik. Jika ditarik kesimpulan secara sederhana memiliki arti proses pembelajaran bagi peserta didik untuk dapat paham, mengerti dan membuat manusia lebih kritis dalam berpikir.

Tujuan Pendidikan

Sebelum mengetahui tujuan pendidikan, pendidikan ini dapat diperoleh secara formal dan non formal. dalam pendidikan formal ialah pendidikan yang diperoleh dari lembaga yang telah direncanakan seperti sekolah.

Sedangkan pendidikan non formal adalah pengetahuan yang diperoleh dari kehidupan sehari hari, baik itu pengalaman pribadi maupun orang lain. Bila melihat dari pengertian pendidikan tadi, ternyata tujuannya telah tertuang dalam Undang Undang negara kita.

Berdasarkan UU No. 2 tahun 1985 yang berbunyi bahwa tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia yang seutuhnya yaitu yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur,

memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan bangsa.

Masih berdasarkan Undang Undang, tujuan nasional pendidikan dari UU No. 20 tahun 2003 mengenai sistem pendidikan nasional dalam pasal 3 menyebutkan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Itulah sedikit ulasan kita mengenai pengertian pendidikan dan tujuannya berdasarkan undang undang. Bila melihat tujuan yang telah tertuang dalam Undang Undang, anda kini pasti mengetahui betapa pentingnya pendidikan, hingga negarapun menuangkannya dalam Undang Undang. Mohon maaf apabila ada kekurangan dalam artikel ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Pendidikan dan Tujuannya Berdasarkan Undang Undang | Admin | 4.5
%d bloggers like this: