Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli Pendidikan

Pendidikan merupakan upaya sadar dan terencana untuk mendidik dan dan mendewasakan manusia. Dengan pendidikan dari semula yang tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak paham menjadi paham.

Pendidikan merupakan unsur penting dalam kehidupan manusia. Manusia pada dasarnya belajar setiap saat dan melalui pendidikan manusia dapat secara intensif belajar untuk memperoleh pengetahuan. Kita sering menggunakan kata pendidikan namun tahukah Anda mengenai pengertian pendidikan menurut para ahli? Berikut ulasannya.

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli Pendidikan

Ada beberapa tokoh bangsa ini yang memiliki peran besar di bidang pendidikan. Pemikiran-pemikiran mereka sangat menyokong dalam kemajuan pendidikan bangsa ini. Berikut akan di bahas satu persatu mengenai pengertian pendidikan menurut para ahli seperti di bawah ini.

Pertama, menurut Ki Hajar Dewantoro sebagai Bapak Pendidikan Indonesia, pendidikan diartikan sebagai upaya untuk menuntun setiap anak menjadi manusia yang tumbuh dan berkembang baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat agar tercapai kebahagiaan.

Kedua makna pendidikan yang dikemukakan oleh Ahmad D. Marimba. Beliau mengemukakan bahwa pendidikan merupakan bimbingan yang diberikan secara sadar oleh guru atau pendidik kepada siswa atau peserta didik. Bimbingan ini bertujuan untuk membentuk kepribadian peserta didik secara utuh yaitu jasmani dan rohani. Pada dasarnya pengertian pendidikan ini hampir sama setiap ahli.

Ketiga, selain menurut para ahli, pengertian pendidikan juga dapat dilihat dari Undang-Undang No 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Berdasarkan undang-undang ini, pendidikan diartikan sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi di dalam diri untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Berdasarkan pengertian di atas maka dapat diketahui bahwa sasaran pendidikan tidak hanya cerdas secara kognitif atau akademis saja akan tetapi juga cerdas secara akhlak.

Keempat pengertian pendidikan menurut para ahli juga dikemukakan oleh tokoh pendidikan dari luar negeri. Salah satunya adalah pendapat dari Martinus Jan Langeveld. Menurut ahli ini, pendidikan adalah upaya untuk untuk membantu peserta didik yang bertujuan agar peserta didik tersebut dapat mengerjakan tugas secara mandiri dan bertanggung jawab dalam kehidupan. Dengan demikian pendidikan juga diartikan sebagai upaya dalam mendewasakan manusia.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: