Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan Dan Tujuannya

Pengertian pendidikan kewarganegaraan adalah suatu pendidikan yang mengingatkan betapa pentingnya nilai-nilai yang meliputi hak dan kewajiban dalam suatu Negara dan masyarakat suatu Negara agar semua yang dilakukan/ dikerjakannya sesuai dengan tujuan dan cita-cita bangsa sehingga tidak melakukan hal-hal yang melenceng dan dilarang oleh suatu Negara.

Dengan kata lain, pendidikan ini sangat penting agar melahirkan tatanan masyarakat yang taat terhadap hukum dan mengetahui hak dan kewajibannya sebagai penduduk suatu Negara. Karena pentingnya pendidikan ini sehingga maka pendidikan kewarganegaraan sudah diterapkan sejak dini mulai dari sekolah dasar hingga di perguruan tinggi.

Maksud dan tujuan

Maksud dan tujuan pendidikan kewarganegaraan pada dasarnya adalah untuk membuat suatu masyarakat atau warga untuk mendukung bangsa. Selain itu, tujuan lain yang ada pada program pendidikan ini adalah mampu melakukan kehidupan bermasyarakat sesuai dengan yang dicita-citakan oleh suatu Negara.

Pendidikan ini juga dimaksudkan agar setiap masyarakat memiliki wawasan dan kesadaran untuk bernegara, sikap serta perilaku yang cinta terhadap tanah air yang bersendikan kebudayaan bangsa.

Dengan adanya pendidikan kewarganegaraan ini maka akan mendapatkan manusia yang memiliki budi luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, professional, bertanggung jawab dan produktif.

Pengertian pendidikan kewarganegaraan yang dihayati secara baik akan membuahkan suatu sikap dan mental yang cerdas dan bertanggung jawab. Selain itu juga akan memiliki perilaku yang rasional, dinamis, dan sabar akan hak dan kewajiban yang harus dilaksanakan.

Mereka yang mengetahui tentang pendidikan kewarganegaraan juga akan memiliki sifat professional yang dijiwai oleh suatu kesadaran untuk bela Negara. Manfaat dari pendidikan kewarganegaraan adalah seseorang akan memiliki sifat aktif untuk mengamalkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni untuk kepentingan kemanusiaan, bangsa dan Negara.

Manfaat pengertian pendidikan kewarganegaraan

Dengan memahami Pengertian pendidikan kewarganegaraan, seseorang mampu mengetahui, memahami, menganalisa, dan menjawab semua masalah-masalah yang akan dihadapi oleh suatu masyarakat secara konsisten. Untuk dinegara Indonesia sendiri, pendidikan kewarganegaraan juga akan membantu masyarakat untuk mengamalkan cita-cita dan tujuan nasional yang terdapat pada pembukaan UUD 1945 karena jalannya berkesinambungan untuk memahami negara.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: