Pengertian Pendidikan Karakter Dan Kelemahannya

Dewasa ini pendidikan semakin maju, kini pendidikan berbasis karakter tengah menjadi unggulan. Sebenarnya apa itu pendidikan berbasis karakter? Dilangsir dari wikipedia, pengertian pendidikan karakter adalah suatu bentuk aktivitas manusia dimana ada suatu tindakan yang dimaksudkan untuk mendidik generasi berikutnya.

Menurut kamus psikologi karakter dapat dilihat dari sudut pandang etika maupun moral, misalnya saja kejujuran seseorang dan biasanya berhubungan dengan sifat sifat yang relatif tetap.

Kelemahan Pendidikan Karakter

Pendidikan berbasis karakter di Indonesia memang bukan sebuah hal yang baru lagi. Pendidikan semacam ini memang bagus dan baik bagi agar dapat membentuk generasi bangsa yang berkarakter.

Namun melihat pengertian pendidikan karakter lebih dalam, terdapat kelemahan didalamnya. sejauh ini pendidikan ini berupa pendidikan moral dan formulir aplikasi dalam sebuah pembelajaran yang terlalu spesifik, sehingga melupakan pendidikan lainnya.

Bentuk kurikulum pendidikan berkarakter yang dibentuk juga diringkas dalam sebuah bentuk rumus singkat layaknya menu makanan cepat saji tanpa melihat proses yang dilakukannya.

Tenaga pendidik seperti guru ataupun dosen cenderung dituntut untuk mengarahkan secara umum prinsip prinsip moral dalam satu arah tanpa melibatkan partisipasi siswa untuk mengajukan pertanyaan dan mengusulkan sebuah hal.

Di negara kita, sistem pendidikan ini memang dirasakan belum berhasil tercapai. Nyatanya dari kelemahan pendidikan karakter tersebut belum dapat mencetak pribadi yang benar benar berkarakter.

Hal ini sepertinya disebabkan karena pembentukan yang berorientasi dari proses prestasi yang dinilai sebagai tolak ukur tertentu sebagai ukuran utama yang menempatkan seseorang dikelas utama. Masih banyak hal yang perlu dievaluasi kembali agar sistem ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan hasil maksimal.

Dalam proses pendidikan ini karakter moral yang berorientasi dan mengakibatkan mengesampingkan banyak hal yang jelas menjadi kegagalan pembentukan karakter tersebut.

Selesai sudah sedikit ulasan kita mengenai pengertian pendidikan karakter dan juga kelemahannya. Pendidikan berbasis pembentukan karakter ini memang terasa belum tercapai, masih banyak hal yang harus diperhatikan dan dievaluasi kembali oleh pemerintah agar dapat mencapai hasil maksimal.

Cari Artikel di Sini


Pengertian Pendidikan Karakter Dan Kelemahannya | Admin | 4.5
%d bloggers like this: