Pengertian Pemerintahan Di Negara Indonesia

Pengertian pemerintahan adalah sebuah organisasi yang berkuasa dan memiliki kebijakan dalam membuat, menjalankan dan menerapkan serta mengevaluasi undang-undang dan hukum pada suatu daerah atau wilayah tertentu yang dikuasainya. Dan aturan yang terdapat dalam undang-undang tersebut berlaku tidak hanya bagi pemerintah melainkan siapa saja yang berada di daerah tersebut. Atau dengan kata lain pengertian pemerintah adalah suatu organisasi atau badan atau lembaga yang dalam kesehariannya bertugas untuk menerapkan kebijakan dalam mengelola, dan mengatur jalannya pemerintahan yang meliputi legislatif, eksekutif maupun yudikataif. Oleh karena itu, definisi pemerintah tidak bisa lepas atau berkaitan erat dengan pemerintahan.

Komponen dalam pemerintah Indonesia

Pengertian pemerintahan yang merupakan organisasi atau badan yang mengelola dan mengatur sistem pemerintahan, pastilah tidak lepas dari komponen-komponennya. Adapun komponen-komponen dalam pemerintah di Indonesia adalah pemerintah legislatif, pemerintah eksekutif dan pemerintah yudikatif.

Pemerintah legislatif adalah bertugas untuk membuat kebijakan yang kemudian dituangkan pada undang-undangan yang selanjutnya akan diterapkan oleh pemerintah eksekutif. Sedang pemerintah eksekutif adalah pemerintah yang menjalankan apa yang telah menjadi kebijakan undang-undang yang dibuat oleh pemerintah legislatif. Kemudian pemerintah yudikatif adalah lembaga yang bertugas untuk menegakan hukum dan undang-undang.

Macam-Macam Pemerintah di negara Indonesia

Pengertian pemerintahan pada dasarnya adalah penggerak dari sistem pemerintahan. Sistem pemerintahan di dunia dapat dibedakan menjadi 3 yaitu republik sebagai kepala pemerintahannya seorang presiden, yang menerapkan sistem pemerintahan ini termasuk negara Indonesia. Kedua, monarki yaitu berbentuk kerajaan atau kekaisaran, seperti jepang. Dan yang ketiga adalah sistem pemerintahan berbentuk persemakmuran.

Di indonesia sendiri, pemerintah menurut kekuasaan wilayahnya terbagi menjadi 3 yaitu pemerintah pusat yang memiliki kewenangan dalam mengambil suatu kebijakan yang mencakup satu negara yaitu negara Indonesia. Yang bertindak sebagai pemerintah pusat adalah presiden, DPR, MPR, MA, dan BPK.

Kedua, pemerintah daerah tingkat 1 yaitu pemerintah yang berada di wilayah provinsi dengan kepala pemerintahnya adalah seseorang gubernur. Dan ketiga, pemerintah daerah tingkat II yang memiliki kewenangan dalam mengatur dan mengelola peraturan di wilayah kabupaten dengan seorang bupati sebagai kepala pemerintahan.


Cari Artikel di Sini


Leave a Reply

*

%d bloggers like this: